Di era media sosial sekarang ini, kekreatifan tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam bisnis pariwisata. Bukan hanya spot foto di alam yang sekarang diburu, namun berbagai spot foto buatan kini dicari-cari wisatawan untuk selfie. Salah satunya Rumah Terbalik yang ada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Lokasi Rumah Terbalik ini ada di pinggir jalan, 500 meter sebelum sampai di Pantai Kuta. Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, maka kamu bisa dengan mudah mengenalinya.

View this post on Instagram

Skrng udh zamannya rumah terbalik πŸ˜€

A post shared by TK {tanzila akbar} (@tanzila_akbar) on

Di tempat ini ada 9 spot foto yang disediakan. Ada yang berupa kamar tidur, penjara, pom bensin, perkantoran, rumah sakit gigi, ruang tamu, salon, dapur dan toilet. Pengunjung dapat menikmati semua spot itu hanya dengan membayar Rp 60 ribu untuk dewasa dan Rp 30 ribu untuk anak-anak.

“Ini merupakan konsep yang baru untuk menyalurkan hobi foto. Ini juga merupakan rumah terbalik pertama yang ada di NTB. Pengunjung yang datang menikmati sensasi berfoto di setiap spotnya,” kata Ettik Hindmarch, pemilik Rumah Terbalik, seperti dikutip dari Dreamcoid, Senin (31/7/2017).

View this post on Instagram

Semangat senin πŸ’ͺ🏻🀘🏻

A post shared by IBOR 04🏁 (@robbycahyadi95) on

Menurut Ettik, sekarang ini zamannya media sosial, dan banyak muda yang gemar selfie di berbagai tempat. Hal ini menginspirasi dibangunnya Rumah Terbalik. Ettik melihat peluang ini sebagai bentuk liburan yang berbeda dari biasanya. Sehingga saat berkunjung ke kawasan Kuta, wisatawan tidak hanya dapat mengambil gambar atau menikmati suasana di pantai saja.

Saat ini, setiap harinya ada 100 orang yang datang untuk mengambil gambar. “Saat ini 95 persen pengunjung masih berasal dari lokal. Kami ingin menampilkan sesuatu yang baru dan menarik untuk wisatawan asing. Ini bisa menjadi spot yang unik untuk mereka bisa mengambil gambar,” ujarnya.

View this post on Instagram

Photo kece today in #RumahKebalik #lfl #lombok

A post shared by rosee (@rosee.1011) on

Agar pengunjung tidak bosan, pihak Rumah Terbalik akan mengganti tema untuk spot foto itu sekali dalam setahun. Ia juga berharap wisatawan yang berasal dari luar Lombok dapat merasakan sensasi berfoto di beberapa tempat yang sudah disediakan.

“Dalam waktu dekat kami juga akan membuat kolam renang anti basah. Jadi setiap orang bisa mengambil gambar di kolam renang itu tanpa harus takut basah. Konsepnya akan kami buat sedemikian rupa dan ini akan menjadi kolam renang anti basah pertama di Indonesia,” kata Ettik.

Selain di Lombok, sebelumnya Rumah Terbalik ini juga ada diΒ Bali, Medan, dan Sleman. Di Bali, wisata swafoto Rumah Terbalik Upside Down World Bali terbukti banyak diminati wisman sejak dibuka Maret tahun lalu. (tom)