Hulk dikenal sebagai salah satu tokoh superhero terkuat dari Marvel. Bahkan rekan Hulk sesama superhero juga bakal dibuat kerepotan jika Hulk mengamuk, seperti yang terjadi dalam film “Avengers: Age of Ultron”, dimana untuk mengalahkan Hulk sampai dibutuhkan senjata khusus bernama Hulkbuster yang dipakai oleh Tony Stark alias Iron Man.

Namun bagaimana jika Hulk bertarung dengan superhero dari DC, dalam hal ini Superman dan Batman? Kira-kira siapa yang bakal menang? Faktanya, pertarungan antara Hulk dan Superman serta Batman pernah terjadi, namun bukan dalam film, melainkan dalam komik kolaborasi Marvel dan DC. Mari kita lihat siapa yang bakal menang.

Hulk vs Superman

Hulk lawan Superman (Comicvine)

Pada suatu hari, Bruce Banner sedang mengasingkan diri di Metropolis. Di sana ia tetap bersikap ‘Low Profile’ sembari bekerja di rumah bagi para tunawisma. Saat Lex Luthor bermaksud menggusur rumah singgah tersebut untuk membangun gedung Lexcorp yang baru, Banner pun marah dan seperti kita duga, ia pun berubah menjadi Hulk.

Hulk kemudian mengamuk di kota Metropolis menghancurkan apa saja yang ia lihat. Superman lalu sadar kalau cuma dia yang sanggup menghentikan amukan Hulk yang tak terkendali. Keduanya lalu bertemu dan langsung terlibat duel seru, mengakibatkan kerusakan parah di gedung-gedung kota. Sadar kalau Hulk tidak peduli dengan keselamatan warga kota Metropolis, Superman lalu menghajar Hulk dan membawanya hingga ke lingkaran Arktik dengan maksud agar Hulk tidak akan melukai manusia disana.

Superman vs Hulk (Hero-envy)

Hulk dari Marvel serta Superman dari DC tercatat sudah beberapa kali berduel dalam komik crossover-nya dan hasilnyapun bervariasi. Pada suatu kesempatan Hulk pernah berhasil memukul Superman hingga terpental keluar angkasa. Pernah juga Superman sengaja menerima pukulan Hulk yang bertubi-tubi  hingga pada akhirnya Hulk kelelahan dan kembali berubah menjadi Bruce Banner.

Hulk vs Batman

Komik Batman vs Hulk (Narvii)

Dalam sebuah komik crossover antara Marvel dan DC, ada satu judul yang menceritakan perseteruan antara Batman (DC) dan Hulk (Marvel). Kisahnya itu bermula saat Bruce Wayne pertama kali bekerja di sebuah divisi Wayne Enterprises.

Pada suatu hari, Joker, musuh bebuyutan Batman, kembali berulah, yang menyebabkan Dr. Banner berubah menjadi Hulk. Masalah pun timbul saat Hulk mengamuk mengobrak-abrik laboratorium milik Bruce Wayne. Batman kemudian berusaha menghentikan aksi Hulk, namun ia segera sadar kalau serangan apapun takkan mempan terhadap Hulk, dan ia mesti segera mencari jalan lain dalam situasi genting saat itu.

Dalam komik tersebut digambarkan detail pertarungan Batman dan Hulk, dimana Batman berusaha menghindar dari serangan Hulk sembari menceritakan setiap rencana yang ia akan lakukan selama menghadapi Hulk.

Hulk lawan Batman (Comicvine)

Hingga pada suatu kesempatan, Batman berencana memakai gas tidur yang tersimpan di sabuknya (Utility Belt) agar Hulk tak sadarkan diri. Namun rencananya gagal, Hulk malah tertawa saat menghirup gas tidur Batman. Sayangnya Hulk keceplosan membocorkan rahasia mengapa gas tidur Batman tidak mempan padanya dimana Hulk menahan nafasnya sampai gas tidur Batman hilang.

Tanpa membuang waktu, Batman segera menendang tepat ke ulu hati Hulk. Serangan itu membuat Hulk terkejut dan spontan menghirup gas tidur dalam jumlah banyak, menyebabkan ia langsung tak sadarkan diri, dan Batman pun berhasil melumpuhkannya. Tapi seperti biasanya, meskipun dua superhero itu sempat bertarung, namun pada akhirnya mereka bekerjasama untuk menggagalkan rencana jahat Joker.

Dilihat dari duel antara Hulk dan Superman serta Batman, bisa dikatakan bahwa meskipun Hulk memiliki kekuatan yang melebihi superhero lainnya, Hulk bisa dikalahkan dengan cara yang tepat. (tom)