Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan potensi destinasi wisata terbaik di Indonesia. Salah satu tempat wisata di Jawa Timur adalah Sungai Maron. Kenal Sungai Amazon? Keindahan yang diberikan oleh Sungai Maron kerap kali dibanding-bandingkan oleh keindahan dari Sungai Amazon dan keindahannya tidak kalah cantik. Tidak heran jika Sungai Maron selalu ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

View this post on Instagram

Sungai Maron Pacitan sering dijuluki "The Green Canyon Indonesian" Sungai ini dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasana di area sungai sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai membuat wisata ini berasa menyusuri sungai Amazon. . . . . #wonderfulindonesia #travellingindonesia #beautifuldestinations #bestshot #explorepacitan #exploreindonesia #jawatimur #pesonaindonesia #worlddestination #indotravellers #folkindonesia #travelrack #thisisindonesia #iloveindonesia #beautifulindonesia #iphone7 #iphonephotography #iphonesia #visitindonesia #pacitan #sungaimaron #sceneryshot #bestview #amazingindonesia #indonesia #folkindonesia #naturephotography #ricksteves #bestworldpics #bestworldshots #nature

A post shared by banker'straveldiary (@bankerstrav) on

Meski awalnya kurang diketahui oleh banyak orang, Sungai Maron yang terletak di Pacitan ini memiliki panorama alam yang indah, baik darat ataupun keindahan bawah sungainya. Sungai yang terletak di kota dengan julukan Kota 1001 Gua ini terletak di sekitar hutan tropis dan masih terbilang baru, namun sudah banyak dikunjungi wisatawan.

View this post on Instagram

Lelahku terbayar dg keindahanmu #sungaimaron #river #pacitan

A post shared by NOVA (@christynova.cn) on

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari destinasi wisata kalem dengan suasana eksotis ditambah dengan segarnya udara. Jika kamu berangkat dari Pacitan, hanya butuh sekitar 45 menit perjalanan menggunakan mobil atau motor namun tergantung dengan kondisi jalan, cuaca dan kecepatan kendaraan. Tidak hanya indah, sering kali saat kamu mengarungi sungai Maron maka akan terlihat beberapa warga setempat yang tinggal dipinggiran Sungai sedang melakukan aktivitas sehari-hari mereka.

Untuk masalah pembayaran masuk, tiket masuk yang perlu kamu bayar hanya sebesar Rp 2 ribu saja untuk satu orang. Namun, kamu harus membayar lebih saat ingin menyewa perahu agar bisa mengarungi Sungai Maron. Sekadar tips, jika kamu datang secara kelompok dengan teman atau kerabat, kamu bisa memilih perahu dengan kapasitas 5 orang namun harus membayar Rp 100 ribu untuk satu perahu kapasitas 5 orang. Jika kamu datang sendiri atau dua orang, bisa memilih perahu dengan kapasitas yang lebih sedikit dengan bayaran Rp 75 ribu.

Selama kurang lebih 20 menit kamu akan diajak berpetualang dengan perahu motor menyusuri sungai sepanjang 3 km. Di kanan kiri akan terlihat hutan dan pohon kelapa yang menjulang. Bila belum puas, kamu bisa nyebur dan berenang di sungai yang airnya cukup jernih ini.

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, dahulu, sungai yang terletak di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku atau tepatnya di barat kota Pacitan ini sering kali dijadikan oleh warga setempat sebagai sarana mencari ikan, mencuci dan sering dijadikan sumber air bersih. Salah satu penjaga loket penyewaan perahu, Sutrisno berkata nantinya biaya penyewaan perahu akan disatu paketkan dengan biaya pemandu atau operator serta life jacket.

Menyusuri Sungai Maron hanya salah satu atraksi wisata ini. Di ujung sungai, kamu bisa menyaksikan hamparan pasir putih dan nyanyian ombak di Pantai Ngiroboyo, Donorojo, Pacitan, jawa Timur.

Tanpa perlu jauh-jauh ke Amazon, kamu bisa nikmati suasana Amazon cukup di pulau Jawa. (tom)