Tiap negara memiliki makanan khasnya sendiri, seperti misalnya masakan khas Indonesia yang jelas berbeda dengan masakan di negara Asia lainnya seperti Jepang atau Tiongkok. Begitu pula masakan Indonesia dengan masakan di negara Amerika atau Eropa. Namun tahukah kamu, ternyata ada makanan Barat yang mirip dengan makanan yang ada di Indonesia? Berikut ini beberapa contoh makanannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Chicken wings BBQ dan sayap ayam bumbu kecap

Chicken wings BBQ dan sayap ayam bumbu kecap (Tasteofsouthern/Infokuliner)

Jika Barat punya makanan bernama chicken wings BB, maka di Indonesia kamu bisa menemui ‘kembaran’-nya, yaitu sayap ayam yang dibumbu kecap. Dilihat secara fisik memang keduanya mirip. Bisa jadi rasanya memang tak jauh beda.

2. Risotto dan bubur ayam

Risotto dan bubur ayam (Seriouseats/Satujam)

Risotto adalah makanan yang berasal dari salah satu negara Eropa, yaitu Italia. Tak perlu jauh-jauh ke sana untuk bisa menikmati Risotto, karena negara kita juga punya makanan serupa, yaitu bubur ayam. Kedua kuliner ini sama-sama berbahan baku beras. Selain itu, keduanya juga diolah dengan berbagai sayuran dan juga daging.

3. Gelato dan es puter

Gelato dan es puter (Seriouseats/Aanprihandaya)

Masih dari Italia, ada dessert yang dinamakan gelato. Indonesia sendiri punya gelato tradisional, yaitu es puter. Kedua jajanan ini sama-sama bertekstur lembut. Bedanya, jika gelato berbahan baku susu maka es puter berbahan baku santan kelapa.

4. Steak dan rendang

Steak dan rendang (Recipeineats/Masirul)

Kedua makanan ini sama-sama dibuat dari bahan daging sapi, dan diberi bumbu. Bedanya jika steak diolah dengan cara dibakar dan dibumbui garam serta saus BBQ, maka rendang kaya akan rempah dengan cara pengolahan dimasak dalam jangka waktu yang sangat lama.

5. Meatballs dan bakso

Meatballs dan bakso (Foodnetwork/Sajiansedap)

Meatballs di Amerika dan Eropa terbuat dari tepung roti, susu, daging sapi, serta bahan lainnya. Sedangkan bakso terbuat dari tepung kanji dan daging (sapi, ayam, atau ikan). Perbedaan lainnya adalah meatballs disajikan dengan nasi atau spaghetti, maka bakso disajikan dengan kuah serta mie kuning atau putih.

6. Pancake dan martabak manis

Pancake dan martabak manis (Nytimes/Merveilles-de-la-nourriture)

Bahan dasar untuk membuat makanan ini hampir sama, seperti tepung terigu, telur, susu, garam, dan baking soda. Hanya saja bentuk dari makanan ini agak berbeda dengan topping yang juga tak sama. Jika biasanya pancake itu polosan dan disajikan dengan sirup maple, maka martabak manis berisi meises, keju, atau kacang.

7. Spaghetti dan mie Jawa

Spaghetti dan mie Jawa (Nytimes/Keydelay)

Penampakan dari kedua makanan ini terlihta mirip, namun jelas rasanya berbeda. Spaghetti dibumbui dengan bolognaise yang didominasi rasa tomat, sedangkan mi Jawa didominasi rasa manis dari kecap.

8. Salad buah dan rujak

Salad buah dan rujak (Popsugar/Kulinertasik)

Salad buah dan rujak bisa dikatakan kuliner kembar. Bedanya, jika salad buah didominasi buah berries maka rujak lebih cenderung diisi oleh varian buah tropis. Selain itu, salad buah biasanya menggunakan mayonaise dan rujak ditemani oleh sambal kacang.

9. Salad sayur dan gado-gado

Salad sayur dan gado-gado (Epicurious/Tips-cara)

Selain salad buah, orang Barat juga punya salad sayur. Begitu pula dengan di Indonesia. Indonesia punya salad sayur dengan nama gado-gado. Salad sayur diisi dengan ragam sayuran hijau seperti daun selada, bawang bombai tomat, daun kale, dan banyak sayuran lainnya. Sedangkan gado-gado memiliki kacang panjang, daun selada, taoge, kangkung, timun, telur, tahu, dan tempe serta disiram oleh sambal kacang.

10. Smoothies bowl dan sup buah

Smoothies bowl dan sup buah (Dailyburn/Caramembuat123)

Smoothies bowl biasanya diisi dengan buah berries kemudian berkuah jus buah naga atau buah lainnya. Sedangkan, di Indonesia kita punya sup buah. Sup buah berkomposisi buah segar dan berair seperti semangka, melon, pepaya, dan buah naga. Sedangkan kuah dari sup buah adalah susu.

11. Paella dan nasi kuning

Paella dan nasi kuning (Yumandyummer/Indoindians)

Paella adalah makanan khas Spanyol yang terbuat dari nasi, ayam atau seafood serta berbagai macam bumbu. Karena menggunakan banyak bumbu inilah hasil akhir dari paella biasanya berwarna kuning atau orange. Makanan ini mirip-mirip dengan makanan yang biasa kita santap saat ada hajatan, yaitu nasi kuning. (tom)