Bahasa Jawa lazim digunakan olah orang Jawa, maupun tempat-tempat umum seperti misalnya terminal atau bandara. Salah satu bandara Indonesia yang menggunakan bahasa Jawa untuk memberikan pengumuman adalah Bandara Internasional Adisutjipto di Yogyakarta. Selain bahasa Indonesia dan Inggris, bandara ini juga memberikan pengumuman dalam bahasa Jawa.

Namun bagaimana bila bahasa Jawa itu justru digunakan oleh bandara di luar Indonesia? Rupanya, tak hanya di Indonesia, bahasa Jawa kini digunakan oleh bandara luar negeri, dalam hal ini Bandara Internasional Dubai. Bandara Internasional Dubai kini memberikan perlakuan khusus bagi penumpang dari Indonesia, terutama mereka yang berbahasa Jawa.

Dubai mungkin cuma satu-satunya negara di luar Indonesia dengan bandara yang memberikan pengumuman kepada para penumpangnya dengan bahasa Jawa. Hal itu didapatkan dari salah satu penumpang yang merekam keunikan tersebut dalam kamera smartphonenya.

Penumpang tersebut sedang transit di bandara Dubai saat terbang dari Jeddah menuju Jakarta dengan menumpang pesawat Emirates. Dari hasil rekamannya bisa terdengar suara pengumuman dalam bahasa Jawa.

Penasaran bagaimana pengumuman di Bandara Internasional Dubai menggunakan bahasa Jawa? Berikut ini videonya.

(tom)