Kuliner sate dikenal karena rasanya yang lezat dan membuat siapa pun yang mencoba merasa ketagihan. Saking enaknya, bahkan sampai masuk dalam 50 kuliner terbaik di dunia versi CNN. Kelezatan sate biasanya terletak pada rempah-rempah yang digunakan, saus, dan cara menusuknya. Yang sering kita jumpai adalah sate ayam dan sate kambing, namun ada juga sate khas Indonesia lainnya yang tak kalah lezat. Berikut adalah 5 sate yang cuma ada di Indonesia, seperti dilansir dari Indoindians, Kamis (3/8/2017).

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi (Indoindians)

Sate yang satu ini cukup populer di Purwakarta, Jawa Barat. Terbuat dari daging domba atau sapi yang disiram dengan saus yang berasal dari cabai dan cuka lahang. Biasanya sate maranggi ini tak membutuhkan bumbu kacang lagi seperti sate ayam.

2. Sate Kerang

Sate Kerang (Viva)

Tak seperti sate lainnya yang langsung dibakar, kuliner khas Surabaya, Jawa Timur ini dimasak dengan cara direbus dan tumis dalam rempah-rempah. Sate kerang biasanya dimakan bersama dengan lontong balap.

3. Sate Kalong

Sate Kalong (Satejava)

Kalong secara harafiah berarti kelelawar. Untungnya, daging yang disajikan di sate kalong ini bukanlah sate kelelawar, melainkan daging sapi dan direndam dalam bumbu manis. Rasanya manis membuatnya mirip seperti dendeng sapi. Biasanya sate dijual sampai tengah malam, karena itu namanya sate kalong.

4. Sate Padang

Sate Padang (Qraved)

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis sate yang terkenal di Sumatera Barat yakni sate Padang, sate Padang Panjang, dan sate Padang Pariaman. Semua sate ini terbuat dari lidah sapi atau daging sapi. Kamu dapat melihat perbedaan dari ketiganya dengan melihat saus yang digunakan. Sate Padang memiliki rasa pedas karena saus terbuat dari saus kacang dan cabai. Sate Padang Panjang rasanya tidak terlalu pedas dan memiliki warna kuning, sedangkan saus sate Padang Pariaman memiliki rasa pedas dan warnanya merah.

5. Sate Lilit

Sate Lilit (Resephariini)

Sate ini merupakan kuliner khas dari Bali. Ada berbagai bahan utama yang digunakan untuk sate lilit seperti daging sapi, ayam, ikan, daging babi, atau kura-kura. Namun yang paling populer terbuat dari ikan. Daging ikan cincang dicampur dengan kelapa parut, santan, air jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Adonan ini kemudian melilit serai dan panggang di atas arang. (tom)