Seni bela diri pencak silat asal Indonesia kembali menarik perhatian produser film asing. Setelah sukses diboyong ke Hollywood, kini giliran rumah produksi asal Korea Selatan Green Fish Picture yang tertarik menyisipkannya dalam film berjudul “The Legend”, yang bekerjasama dengan Media Goshen Indonesia.

Film bergenre action tersebut mengisahkan tentang aksi balas dendam yang dilakukan oleh beberapa ahli bela diri dari sejumlah negara di sebuah pulau Sura dan terjadi pertarungan di antara mereka yang mengambil latar tempat penjara. Bela diri yang terlibat antara lain pencak silat dari Indonesia, taekwondo dari Korea Selatan, kungfu dari Tiongkok dan lima seni bela diri lainnya dari negara Asia.

Tak hanya seni bela dirinya, Indonesia juga menjadi sebagian besar lokasi syuting. Khususnya sebuah pulau di sekitar Jakarta.

“Untuk syuting di luar (outdoor) 70 persen semuanya di Jakarta. Sekitar 30 persen di dalam (indoor) set di Korea,” pungkas produser Lee Hyeon Myeong di Hotel Sultan, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Okezonecom, Jumat (4/8/2017).

Produser film The Legend (Okezone)

“Kenapa di Jakarta? Saya jalan-jalan ke Myanmar, Thailand, Bali, Jakarta untuk cari lokasi syutingnya. Suasananya harus jauh dari kehidupan masyarakat. Di Jakarta tapi di luar sekitar Jakarta,” tambahnya.

Bukan sekadar mengambil inspirasi pencak silat, “The Legend” juga berencana menggandeng aktor asli Indonesia untuk memerankannya. Namun, hingga ini masih mencari yang tepat. “Akan dari Indonesia. Masih dicari. Kita inginnya aktor baru untuk ‘The Legend’ pertama ini,” pungkasnya.

“The Legend” ini akan digarap oleh sutradara Lee Seung Won dan rencananya tayang pada Maret 2018, serta berencana diluncurkan juga di Indonesia. Sementara proses syuting akan dimulai pada September nanti, dimulai dari Jakarta dan kemudian dilanjutkan di Korea.

“(Syuting) di Jakarta akhir bulan September sampai Desember. Di Korea, bulan depan baru mulai,” ujar Lee.

Lee Hyeon Myeong bersama Green Fish Picture telah memproduksi sejumlah film dengan deretan aktor top, seperti Cha Seung Won untuk film “Secret” (2009), Gong Yoo untuk “The Suspect” (2013) dan yang akan tayang pada September 2017 yaitu “A Murderer’s Guide to Memorization” yang dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Seolhyun ‘AOA’. (tom)