Wisata ke Ubud (nyobain.com)

Ubud adalah salah satu daerah yang terletak di Gianyar, Bali. Daerah ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan lokal hingga mancanegara. Baru-baru ini, sebuah media yang berbasis di New York, Amerika Serikat yakni Travel and Leisure mengeluarkan daftar kota-kota terbaik yang ada di dunia tahun 2017 dan Ubud masuk dalam urutan ke-9 dan berhasil mengalahkan kota-kota terkenal di dunia lainnya seperti Roma serta Barcelona. Daerah yang pernah dikunjungi oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama ini tentunya membuat JBers bertanya-tanya, kenapa sih Ubud bisa masuk dalam 10 besar kota terbaik di dunia? JadiBerita akan memberikan lima hal yang membuat Ubud jadi destinasi wisata idaman para wisatawan, yaitu:

1. Memiliki Pemandangan Hijau yang Menawan

Pemandangan di Ubud (@lola_fox)

Ubud terkenal di antara wisatawan mancanegara karena terletak di antara sawah dan hutan yang hijau. Pemandangan alam yang hijau ini menjadi daya tarik utama yang membuat para wisatawan terpikat. Kamu bisa menemukan teras sawah yang indah dengan latar pemandangan rumah-rumah warga yang tertata rapi. Udara di sini juga sangat sejuk dan segar sehingga membuat pikiranmu jadi tenang. Ditambah lagi, kamu bisa memandang sunset dan sunrise yang sangat indah di Ubud.

2. Bangunan Tua Bersejarah yang Lengkap

Museum di Ubud (rentalmobilbali.net)

Ubud memiliki koleksi museum dan pura yang lebih lengkap jika dibandingkan kota-kota lainnya di Bali. Di sepanjang jalanan Ubud, kamu bisa dengan mudah menemukan bangunan dengan arsitektur ala Hindu dan Budha yang tampak masih dijaga dengan baik. Di Ubud juga ada museum tertua di Bali, yakni Museum Puri Lukisan. Kamu bisa melihat aneka karya seni lukis Bali, baik itu lukisan bertema tradisional hingga lukisan modern. Di sini kamu juga bisa melihat seni ukir dan kayu dari tiga era zaman kerajaan Bali hingga masa kemerdekaan Indonesia. Dengan berwisata ke Ubud, kamu bisa mengenal sejarah Indonesia dengan cara yang menarik.

3. Kebudayaan yang Masih Dilestarikan

Tari Kecak di Ubud (diaryofaparttimetraveler.files.wordpress.com)

Bali memang sangat kental dengan adat istiadatnya yang masih dilestarikan hingga sekarang. Baik itu pakaian tradisionalnya yang masih dikenakan sehari-sehari, upacara adat, hingga tari-tarian khas Bali. Salah satu tarian khas Bali yang sering dipertunjukkan di Ubud adalah Tari Kecak yang biasa dipentaskan di jalan Pura Dalem. Tari Kecak adalah tarian yang dimainkan oleh 20 orang lebih lelaki yang mengangkat tangan dan membunyikan bunyi ‘cak cak cak’. Pentas Tari Kecak ini biasanya digabungkan dengan seni teater yang menceritakan kehidupan Ramayana.

4. Penginapan Tradisional yang Nyaman

Hotel di Ubud (asiawebdirect.com)

Saat berlibur, tentunya penginapan menjadi tempat beristirahat yang harus nyaman. Di Ubud, ada banyak sekali penginapan tradisional yang menawarkan suasana khas Bali dengan ukiran patung-patung, dekorasi ruangan yang identik dengan kayu dan bahan-bahan alami, hingga para staf penginapan yang memakai pakaian adat Bali. Kebanyakan penginapan di Ubud memiliki kolam renang yang menyatu dengan pemandangan alam yang dipenuhi tumbuh-tumbuhan dan pepohonan hijau. Tak heran jika orang yang sudah pernah ke Ubud pasti ingin kembali lagi ke sana.

5. Kuliner khas Bali yang Mudah Didapat

Kuliner Bali di Ubud (@folkubud)

Tak heran jika Ubud dikatakan sebagai destinasi wisata yang sangat menarik karena semua jenis wisata bisa kamu coba di sini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata adat, dan pastinya wisata kuliner. Kuliner tradisional selalu diburu saat kita sedang pergi traveling ke suatu daerah karena citarasanya lebih asli dan otentik. Di Ubud ini, kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner khas Bali yang dijual mulai dari pedagang kaki lima hingga setaraf restoran.

Nah, tak heran bukan, jika Ubud masuk dalam jajaran kota terbaik di dunia.  (rei)