Erupsi Bromo (National Geographic/Reynold Dewantara)

National Geographic telah menyelenggarakan kontes National Geographic Travel of the Year 2017. Ajang tersebut berisikan foto-foto karya para fotografer dunia, untuk memperebutkan gelar foto terbaik.

Kontes ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh National Geographic. Ada tiga kategori yang dibuka. Ketiganya adalah Nature, yakni foto yang bertema alam; People, foto yang berkaitan dengan manusia; serta Cities, foto kehidupan perkotaan.

Para juri memilih satu foto terbaik (grand prize) dari 15 ribu foto, dan tiga foto terbaik untuk masing-masing kategori. Foto dinilai berdasarkan tiga poin, kreativitas (35%), kualitas fotografi (35%), dan komposisi (30%). Nah, penasaran kan foto yang bisa masuk jadi juaranya? Berikut ini foto-fotonya.

1. Erupsi gunung api dibarengi kilat

Erupsi dengan kilat (National Geographic/Sergio Tapiro Velasco)

Foto oleh fotografer Sergio Tapiro Velasco ini diambil pada saat erupsi gunung api Colima di Meksiko. Untuk bisa mendapatkan foto ini jelas membutuhkan nyali yang besar.

2. Pemandangan angsa di Jepang

Angsa (National Geographic/Hiromi Kano)

Foto ini diambil di lahan basah yang saat ini sudah sangat sedikit tempatnya. Menurut Hiromi Kano, sang fotografer, momen seperti ini sangat langka. Tempat ini menjadi “surga terakhir” buat burung dan angsa di tengah pembangunan.

3. Dua alam

Kolam buaya (National Geographic/Tarun Sinha)

Fotografer Tarun Sinha berhasil memadukan liarnya alam Kosta Rika dengan komposisi unik perbatasan antara sungai dan daratan dan puluhan buaya.

4. Erupsi Gunung Bromo

Erupsi Bromo (National Geographic/Reynold Dewantara)

Reynold Dewantara berhasil mengambil foto erupsi gunung Bromo pada bulan Januari tahun 2016 lalu. Walaupun tidak masuk ke dalam 3 besar, namun foto ini berhasil masuk jajaran Honorable Mentions.

5. Tarian Sema

Tarian Sema (National Geographic/F Dilek Uyar)

Seorang pria melakukan tarian Sema, tarian sufi, di sebuah gedung bersejarah Turki. Foto karya F Dilek Uyar ini berhasil menunjukkan mistisnya upacara keagamaan di Turki.

6. Saling bertatapan

Saling bertatapan (National Geographic/Julius Y)

Sang fotografer Julius Y mengaku mengambil foto ini karena rasa lucunya ketika dia menyadari bahwa kerumunan orang tengah mengamati sebuah lukisan di mana karakter di dalam lukisan juga terlihat seolah sedang penasaran mengamati kerumunan.

7. Peselancar di bawah laut

Peselancar di bawah laut (National Geographic/Rodney Bursiel)

Foto karya Rodney Bursiel ini berhasil mengambil sudut baru dari gambar seorang peselancar. Jika biasanya gambarnya diambil dari permukaan air laut tapi kali ini dari dalam. Pertanyaanya, berapa lama Rodney telah berada di dalam air laut untuk foto ini?

8. Perpustakaan di Jerman

Perpustakaan di Jerman (National Geographic/Norbert Fritz)

Norbert Fritz memotret sebuah perpustakaan di Jerman dengan desain kontemporer. Komposisi cahaya alami, tangga, dan dekorasi menurutnya, “memberikan atmosfir baru untuk memperluas cakrawala.” Tempat ini bisa jadi ide untuk perpustakaan di Indonesia. Siapa yang mau bangun?

9. Situasi perkotaan Hongkong

Situasi perkotaan Hongkong (National Geographic/Andy Yeung)

Foto ini menunjukkan situasi perkotaan di Whampoa Garden, Hongkong. Foto karya Andy Yeung ini menggambarkan area yang pernah menjadi tempat terpadat di dunia ini yang kini semakin padat dengan bangunan moderen. Bahkan tidak ada lagi rumah tradisional serta lahan untuk anak-anak bermain.

10. Lapangan sepakbola Norwegia

Lapangan sepakbola di Norwegia (National Geographic/Misha De-Stroyev)

Misha De-Stroyev berhasil mengambil gambar lapangan sepakbola di Norwegia. Di tengah musim salju ini, lapangan ini dipasangkan pemanas, sehingga lapangannya tetap hijau dan tidak tertutup tumpukan salju. (tom)