Popcon Asia 2017 sudah ditutup kemarin. Tapi kemeriahan festival budaya populer terbesar di Indonesia itu belum usai. Salah satunya adalah pengumuman pemenang ModCon Digital Arts Competition 2017 yang memenangkan nama ilustrator muda asal Bandung, Sandy Solihin dengan karya berjudul “Crocoppuccino”.

Kompetisi seni digital untuk mahasiswa dan seniman pendatang baru itu diumumkan pada Minggu malam, tanggal 6 Agustus lalu. ModCon Digital Arts Competition 2017 merupakan kolaborasi antara Kedutaan Besar Australia dengan Popcon Asia untuk bersama-sama mengembangkan industri kreatif. Dalam ajang itu, Sandy berhasil mengalahkan ilustrator lain asal Australia dan Indonesia.

View this post on Instagram

Sandy Solihin (@ashionglee), ilustrator muda dari #Bandung dinobatkan sebagai pemenang Kompetisi Seni Digital #ModCon2017 yang diselenggarakan Kedutaan Besar #Australia dalam sebuah upacara pada #PopConAsia di #Jakarta kemarin. Sandy memenangkan perjalanan pengembangan profesional ke Australia untuk karyanya berjudul “Crocoppuccino Party” yang menggabungkan kehidupan alam dengan budaya #kopi Australia. Selamat, Sandy! — Sandy Solihin (@ashionglee), a young #illustrator from Bandung, was awarded the Australian Embassy’s ModCon Digital Arts Competition prize for 2017 at a ceremony at @PopConAsia in Jakarta yesterday. Sandy has won a professional development trip to Australia for his entry “Crocoppuccino Party” that combines Australia’s unique #wildlife and #coffee culture. Congratulations, Sandy!

A post shared by Australian Embassy Jakarta (@kedubesaustralia) on

Kompetisi ModCon tahun ini bertemakan Australia, di mana hasil karya diharapkan dapat menunjukan sebuah sisi yang #AustraliaBanget. Dengan karyanya “Crocoppuccino”, Sandy memanifestasikan interpretasinya akan keanekaragaman hayati dan budaya kopi di Australia menjadi satu.

Sebagai pemenang, Sandy nantinya berkesempatan mendapatkan tiket kunjungan ke Australia, belajar langsung dari profesional artist, dan hasil karyanya akan ditampilkan dalam museum.

Karya Sandy yang jadi juara ModCon 2017 (Instagram)

Rupanya, prestasi anak bangsa dalam ajang ini bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, ilustrator asal indonesia, Anisa Shabrina juga berhasil memenangkan kompetisi ini.

Sandy memang memiliki karya yang sebagian besar melibatkan gambar hewan, seperti burung, ikan, atau ular. Kalau kamu ingin lihat karya lain dari Sandy, bisa dilihat berikut ini.

(tom)