Sebentar lagi momen 17 Agustus akan tiba. Biasanya untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia tersebut bakal diputar lagu-lagu yang bernuansa nasionalisme. Selain versi asli lagu nasionalisme itu, rupanya ada musisi-musisi yang mengaransemen lagu tersebut menjadi versi rock. Siapa saja mereka? Berikut kelimanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Netral – Hari Merdeka

Bagus, Coki dan Eno yang tergabung ke dalam band Netral (sekarang NTRL) memang dikenal mempunyai jiwa nasionalis yang tinggi. Ternyata sebelum lagu “Garuda Di Dadaku” dibuat, para personel Netral ini pernah membuat versi rock dari lagu “Hari Merdeka”.

2. Superman Is Dead (SID) – Aku Anak Indonesia

Band asal Bali yang satu ini tak kalah nasionalis. Jerinx dan kawan-kawan ternyata pernah membuat cover versi rock untuk lagu “Aku Anak Indonesia” karya AT. Mahmud.

3. Endank Soekamti – Rayuan Pulau Kelapa & Garuda Pancasila

Endak Soekamti pernah membuat cover song untuk lagu “Rayuan Pulau Kelapa” ciptaan Ismail Marzuki. Cover ini merupakan kerjasama antar Endak Soekamti dengan salah satu aplikasi perpesanan asal Jepang, Line. Sebelum “Rayuan Pulau Kelapa” Endak Soekamti pernah membuat rock version dari lagu nasional berjudul “Garuda Pancasila”.

4. Cokelat – Bangun Pemudi Pemuda

Band ini pernah mengcover lagu nasional “Bangun Pemudi Pemuda” karya A. Simanjuntak. Bahkan Cokelat juga membuat satu album khusus lagu-lagu nasional yang diubah menjadi versi rock dengan judul “Untukmu Indonesia-ku”.

5. Guns N’ Roses – Indonesia Raya

Walapun hanya beberapa bait, band rock legendaris asal¬†Amerika Serikat,¬†Guns N’ Roses pernah membawakan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Bangga dong jadi orang Indonesia. (tom)