Menjelajahi 5 Spot Diving Sulawesi yang Jadi Surganya Bawah Laut


Bagi penyuka dunia bawah laut, Indonesia memang surganya. Bahkan keindahan bawah laut di Indonesia juga sudah diakui dunia. Di Sulawesi saja, setidaknya ada beberapa spot diving dengan kekayaan biota laut yang luar biasa indahnya. Di mana saja? Berikut kelima spot diving-nya, seperti dilansid jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh (Kaskus)

Pulau Lembeh berada dalam wilayah administratif Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, kamu harus menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung terlebih dahulu. Waktu perjalanan dari bandara udara di Manado ke kota Bitung adalah sekitar 45 menit dengan menggunakan bus umum atau taksi. Di Bitung, tempat untuk menuju Pulau Lembeh adalah dari Dermaga Ruko Pateten. Kamu akan menaiki perahu selama 15 menit untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, biayanya Rp 8.000,- per orang.

2. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak (Kaskus)

Mendengar kata Tumbak, mungkin masih asing bagi yang berasal dari luar Sulawesi Utara. Jangankan yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara sendiri masih kurang begitu kenal dengan desa yang menyimpan potensi wisata tersembunyi ini. Tumbak merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk mencapai desa Tumbak, dari Kota Manado dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam sedangkan dari Kota Amurang perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam (apabila naik kendaraan pribadi).

3. Pulau Siladen

Pulau Siladen (Kaskus)

Nama Siladen memiliki arti kandas. Konon kisah sejarah Siladen berasal dari cerita tentang sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangier saat sedang berlayar. Kemudian kapal mengalami kecelakaan di tengah laut dan tenggelam. Lokasi tenggelam kapal lalu diberi nama Siladen. Alam bawah laut Pulau Siladen sangat menakjubkan, dengan aneka terumbu karang dan beragam biota laut. Ada dua lokasi menyelam paling potensial yaitu Siladen dan Siladen Utara, dengan kedalaman sekitar 20-50 meter.

4. Wakatobi

Wakatobi (Kaskus)

Taman Nasional Wakatobi adalah satu dari beragam kekayaan alam nusantara yang tak perlu diragukan lagi. Lokasinya terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1996 ini merupakan Taman Nasional Laut (TNL) terluas kedua di Indonesia, dan menurut pemerintah setempat menjadi habitat bagi 90% jenis karang yang ada di dunia serta lebih dari 942 spesies ikan.

5. Bunaken

Bunaken (Kaskus)

Nama Bunaken sudah begitu sering terdengar sebagai tempat terbaik untuk menyelam atau snorkeling. Bagaimana tidak, di sini kamu akan disambut dengan pemandangan terumbu karang yang cantik dengan ikan-ikan yang berenang mengitarinya. Bunaken layak disebut sebagai taman laut terindah dengan keanekaragaman biota lautnya mulai dari terumbu karang, ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba, dan banyak lagi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
11
Ngakak