Di era kemajuan informasi ini, tak hanya teknologi saja yang berevolusi. Bahkan perlahan-lahan kultur dan kebiasaan manusia mulai terpengaruh oleh perkembangan zaman. Salah satunya dalam bidang bahasa. Banyak istilah masa kini yang mungkin tak pernah kamu dengar sama sekali dua-tiga tahun lalu. Biasanya digunakan di sosial media, namun sering juga terbawa di kehidupan nyata. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Kuy

Kuy (IDNTimes)

Kuy sebenarnya kebalikan dari Yuk, yang artinya mengajak orang. Artinya memang mengajak orang untuk melakukan sesuatu, tapi lebih kekinian.

2. HQQ alias Hakiki

Hqq (Vebma)

Hakiki sebenarnya berasal dari bahasa Indonesia baku . Artinya kurang lebih yang sebenar-benarnya, atau sejati. Zaman sekarang kata ini kerap dipakai untuk menekankan subyek. Contohnya keren yang hakiki maksudnya keren pakai banget.

3. Terciduk alias tercyduck

Tercyduck (Otak-keren)

Belakangan kamu mungkin sering banget mendengar kata ini. Terciduk sepertinya merupakan adaptasi dari istilah “BUSTED” yang akrab dipakai di Amerika. Di Indonesia sendiri dulunya sering dipakai untuk menjelaskan penangkapan tersangka kriminal. Intinya kata ini menjelaskan bahwa seseorang tertangkap, kepergok, atau kena batunya.

4. Terpelatuk

Terpelatuk (IDNTimes)

Istilah satu ini terinspirasi dari ungkapan “Triggered” yang juga ramai di kalangan netizen berbahasa Inggris. Intinya kata ini menyindir orang yang terpicu amarah karena merasa tersinggung atau tak terima akan suatu topik. Seringkali topik itu remeh, tapi tetap bikin orang emosi.

5. B Ajah alias Biasa Ajah

B aja (YouTube)

B aja atau biasa ditulis B ajah hanya merupakan singkatan dari Biasa Ajah, supaya lebih kekinian.

6. Wkwk Land

Wkwkwk Land (IDNTimes)

WKWK Land sebenarnya adalah sindiran untuk menyebut Indonesia kalau sedang menyangkut hal yang aneh atau absurd. Penggunaannya biasanya jika sedang ada kejadian konyol, yang menurut netizen hanya bisa terjadi di Indonesia alias WKWK Land.

7. Takis

tendfghor-8b14f472ee4a450a492c86bbfa4ade06.gif

Takis bukan sekadar nama management artis yang sempat menaungi Awkarin dan Young Lex. Ternyata ini berasal dari kata Sikat yang dibalik jadi Takis.

8. Unfaedah

Unfaedah (IDNTimes)

Faedah dan unfaedah juga sedang ramai dipakai belakangan ini. Faedah artinya berguna, sementara kalau unfaedah, fungsi un sama seperti fungsi tidak dalam bahasa Inggris, jadinya artinya tak berguna alias tak berfaedah.

9. Lit AF

Lit AF (IDNTimes)

Lit sendiri secara harafiah berarti terbakar. Namun kata ini akrab dipakai generasi untuk mendeskripsikan sesuatu yang keren atau mantap. Jadinya Lit AF kurang lebih “keren abis!”

10. Junjunganku

Junjunganku (IDNimes)

Junjungan dalam percakapan masa kini maknanya tak seserius dulu. Artinya adalah menyebut sosok seseorang yang kamu sukai atau kagumi, namun dalam konteks bercanda atau santai belaka. Misalnya ketika lagi ingin minta ditraktir teman, bilang aja “kamu lah junjunganku… ayo dong beliin pizza”.

11. ETA TERANGKANLAH

Eta Terangkanlah (YouTube)

Ini mungkin kosakata yang paling sering kamu dengar karena memang menjadi fenomena sendiri di media sosial Indonesia. Sebenarnya kata ini hanya merupakan plesetan dari lagu Opick. (tom)