Facebook resmi membuka kantor cabang di Indonesia pada hari Senin 14 Agustus 2017 kemarin. Kantor perwakilan Facebook di Indonesia berlokasi di Capital Place, Jalan Jenderal Gatot Subroto, yang lokasinya satu kawasan dengan Hotel Four Seasons Jakarta. Facebook menyewa setengah bagian dari lantai 49 gedung tersebut sebagai markasnya di Tanah Air.

“Bersamaan dengan peringatan 17 Agustus, kita membuka kantor kita di Indonesia. Tidak hanya merayakan kemerdekaan, tapi kami juga menunjukkan komitmen kami tentang apa yang sudah kami lakukan di Indonesia,” ujar Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati saat konferensi pers di Kantor Facebook Indonesia, seperti dikutip dari Goodnewsfromindonesiaid, Selasa (15/8/2017).

Kantor Facebook Indonesia (Kompas)

“Investasi di sini jadi prioritas utama, karena Indonesia memang pasar yang sangat besar. Jadi setiap ada kesempatan kami masuk, tapi tidak bisa menjelaskan lebih detail (soal klasifikasi bisnis baru maupun operasional),” kata wanita yang biasa disapa Wido ini.

Kantor Facebook di Indonesia dirancang dengan konsep yang sama dengan kantor-kantor perusahaan milik Zuckerberg ini di negara lainnya, konsep industrial, berlangit-langit tinggi serta memasang unsur lokal. Facebook menggandeng seniman Indonesia untuk menghadirkan cita rasa Tanah Air di kantor perwakilan mereka ini.

Masuk ke kantor, pengujung disambut oleh instalasi kertas berbentuk harimau dan kerbau karya Rudy Atjeh yang digantung di belakang meja resepsionis. Hal tersebut bertujuan untuk mencerminkan semangat dan identitas gigih yang dibangun oleh Indonesia. Facebook memamerkan ciri khas mereka berupa dinding putih bernama “The Facebook Wall What’s On Your Mind”, berfungsi layaknya kolom Status di platform media sosial mereka. Para tamu dapat menulis apa pun di dinding itu. Dinding ini merupakan fitur yang selalu ada di setiap kantor Facebook di negara mana pun.

The Facebook Wall di Kantor facebook Indonesia (Viva)

Terdapat juga area santai yang dilengkapi dengan sofa-sofa nyaman untuk tamu. Uniknya, terdapat bantal bergambar emoji yang dapat digunakan sembari bersantai.

Layaknya kantor mana pun, Facebook Indonesia juga memiliki ruang pertemuan, yang diberi nama permainan tradisional Indonesia, mulai dari Congklak hingga Balap Karung.

 

Area santai dengan tema kehidupan dunia laut karya Mulyana (Viva)

Terakhir, terdapat koridor panjang yang dihiasi mural karya Agung Prabowo. Mural ini menggambarkan kedamaian di dalam budaya Indonesia. Mural ini menggambarkan kedamaian dan perbedaan dengan elemen-elemen dari budaya Indonesia.

Area koridor dengan lukisan karya Agung Prabowo (Viva)

“Dengan kantor baru kami di Jakarta, hal ini memperkuat komitmen kami untuk membantu memberikan masyarakat Indonesia kekuatan dalam membangun komunitas dan menjadikan dunia jauh lebih dekat,” pungkas Wido.

Berikut ini videonya.

(tom)