Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal kemerdekaan RI, yang diperingati setiap tahunnya. Tanggal ini bisa dijadikan momen yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang memerdekakan Indonesia. Caranya antara lain adalah dengan mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah kemerdekaan RI. Berikut adalah 5 tempat yang bisa kamu kunjungi, seperti dilansir jadiBerita dari Vivacoid, Kamis (17/8/2017).

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok)

Sesuai namanya, tempat ini merupakan tempat dimana naskah proklamasi dirumuskan dan disahkan. Tadinya tempat ini adalah tempat tinggal dari Laksamana Maeda. Untuk masuk ke tempat ini biaya yang dikeluarkan untuk dewasa adalah Rp 2 ribu, anak-anak Rp 1.000, sedangkan untuk tamu asing Rp 10 ribu.

2. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi (Kompas)

Jika Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah tempat dimana naskah proklamasi dirumuskan dan disahkan, maka Tugu Proklamasi ini merupakan tempat dimana naskah proklamasi itu dibacakan. Di tempat ini dibangun dua patung Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta serta sebuah teks proklamasi tepat berada di tengah mereka.

3. Museum Nasional

Museum Nasional (Jakarta100bars)

Museum yang dulu dikenal dengan Museum Gajah ini terdiri dari 3 gedung, yaitu Gedung A, B dan C. Gedung A berisikan benda-benda bersejarah, sementara Gedung B berisikan informasi evolusi dan lingkungan hidup manusia dari masa pra sejarah dan koleksi benda peninggalan beberapa dinasti dari Tiongkok. Untuk Gedung C informasinya tak bisa dikunjungi umum.

4. Gedung Joang 45

Gedung Joang 45 (Linkedin)

Sebelum dijadikan museum, dulunya tempat ini adalah sebuah hotel yang dikelola L.C. Schomper. Pada zaman Jepang, gedung ini lalu berubah fungsi, dan dijadikan tempat program pendidikan politik bagi pemuda-pemuda Indonesia pada tahun 1942. Di museum ini pula terdapat berbagai koleksi mulai dari mobil Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia, replika-replika mini mengenai sejarah proklamasi Indonesia, kursi tandu milik Jendral Soedirman, lengkap dengan baju Jenderal Soedirman.

5. Monas

Monas (Indoindians)

Selain bisa melihat suasana kota Jakarta dari ketinggian, Monas juga menyediakan 48 diorama menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Di sini pula terdapat sebuah ruang kemerdekaan, yang menjadi tempat penyimpanan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. (tom)