Traveler Indonesia (@indonesiantraveler_)

Siapa yang tak suka traveling, jalan-jalan sambil melepas penat dengan datang ke berbagai tempat wisata sudah pasti bisa menghilangkan stres yang kamu punya. Banyak traveler yang mengincar destinasi wisata yang murah agar mereka tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk traveling. Di Indonesia ada lima kota wisata yang ternyata ramah budget untuk para traveler seperti kamu. Lima kota wisata ini selain memiliki destinasi wisata yang sangat beragam dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Tak hanya itu saja, kota-kota wisata ini juga punya penginapan, kuliner, hingga oleh-oleh yang murah meriah sehingga kamu tak perlu khawatir kantong kamu kempes saat liburan. Penasaran ada kota mana saja? Bagaimana jika kamu langsung lihat listnya!

1. Solo

Kota Wisata Solo (@arvwinanta)

Solo menjadi kota wisata pertama yang bisa kamu datangi saat budget traveling kamu terbatas. Kota ini memiliki banyak tempat wisata seperti Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi Solo, Taman Hiburan Rakyat Sriwedari, Kampung Batik Laweyan, hingga Pasar Klewer Solo yang sangat terkenal untuk kamu kulineran serta berbelanja. Kamu juga bisa berkeliling kota Solo dengan menggunakan becak yang bisa kamu sewa dengan harga yang murah. Di Solo ada banyak pilihan penginapan dengan harga di bawah Rp 100.000 per malamnya seperti Hotel Trihadi, Hotel Atina, dan masih banyak lagi.

2. Cirebon

Kota Wisata Cirebon(@faozanngrh)

Kota yang terletak di Jawa Barat ini sangat dekat lokasinya buat kamu yang tinggal di Jakarta dan Bandung. Cirebon menjadi kota wisata dengan pilihan spot wisata yang cukup banyak seperti Keraton Kasepuhan Cirebob, Cirebon Waterland, Situ Biru, Setu Patok yang mirip Danau Toba, Telaga Remis, Goa Suntawagi, hingga Pantai Kejawanan untuk kamu yang suka pantai. Kota ini sangat ramah kantong karena punya tempat penginapan di bawah Rp 100.000 per malamnya seperti Asia Hotel, Cordova Hotel, Gunung Sari Hotel, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencicipaneka kuliner khas Cirebon sate kalong, mie koclok, kerupuk melarat, docang, empal gentong, bubur sop, hingga tahu gejrot dengan citarasa yang sangat autentik.

3. Lamongan

Kota Wisata Lamongan (@lamonganmegilan)

Ada banyak orang yang belum tahu kalau Lamongan juga masuk dalam daftar kota wisata karena ada banyak sekali wisata alam yang bisa kamu datangi di Lamongan dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 5.000-Rp 30.000 saja seperti Pantai Kutang, Waduk Gondang, Goa Maharani, Pantai Kodok, Gunung Pegat, dan masih banyak lagi. Tak hanya wisata alamnya saja yang bisa kamu datangi, tapi juga monumen bersejarah seperti Makan Dewi Sekardadu, Museum Sunan Drajat, hingga Monumen Van Der Wijck. Saat ke Lamongan, jangan lupa untuk naik becak keliling kota untuk menyantap kuliner khasnya seperti soto Lamongan, tahu campur, nasi boranan, bandeng colo, hingga es dawet yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Lamongan.

4. Yogyakarta

Kota Yogyakarta (@hendayadahyar)

Kota yang satu ini memang sudah sangat terkenal sebagai kota wisata favorit di Indonesia. Tapi banyak orang yang mengira kalau wisata ke Yogyakarta bisa menguras isi kantong. Itu salah JBers, kamu bisa berwisata di Yogyakarta dengan budget pas-pasan kok. Ada banyak tempat wisata di Yogyakarta dengan harga tiket masuk yang sangat murah seperti Kebun Buah Mangunan, Waduk Sermo, Goa Jomblang, Pintu Langit Bantul, hingga aneka candi seperti Candi Sewu, Candi Sambisari, Candi Plaosan, Candi Ijo, dan masih banyak lagi. Banyaknya wisata yang dimiliki Yogyakarta ini bisa membuat kamu tak akan bosan datang ke kota ini. Disarankan untuk menyewa kendaraan seperti motor saat akan berkeliling karena banyak tempat wisata yang tidak terjangkau kendaraan umum.

5. Malang

Kota Wisata Malang (@dellaagnesvictoria)

Sudah bukan rahasia lagi kalau kota yang terletak di Jawa Timur ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisatanya untuk menarik banyak wisatawan. Ada banyak sekali spot wisata baru dan kekinian di Malang yang bisa didatangi anak muda seperti Taman Kelinci yang mirip dengan perumahan The Hobbit, Kampung Apache yang merupakan perkemahan ala Indian, Bukit Bulu dengan gardu pandang dan spot ayunan yang kece untuk berfoto, Kampung Warna-warni yang jadi hits, Pantai Balekambang yang mirip Tanah Lot, dan masih banyak lagi wisata murah lainnya. Untuk penginapan, ada banyak pilihan hostel kekinian dengan harga yang ramah di kantong dan design yang instagramable.

Tunggu apalagi JBers? Yuk, langsung agendakan liburanmu untuk berwisata ke salah satu dari lima kota wisata di atas! (jow)