via Phinemo

Camping atau berkemah merupakan salah satu cara untuk melepas penat, kejenuhan, dan stres. Dengan berkemah di alam terbuka, kamu bisa menyatu dengan alam, mendengarkan kicauan burung, melihat hijaunya tumbuh-tumbuhan, serta menghirup udara segar. Suasana berkemah ini tentu bisa membuat siapa saja merasakan ketenangan. Banyak yang beranggapan kalau berkemah itu lebih baik dilakukan secara beramai-ramai agar lebih mengasikkan seperti mengajak teman atau keluarga. Tapi tentunya agenda berkemah kamu akan semakin seru lagi dengan lima tips yang diberikan oleh JadiBerita di bawah ini!

1. Dirikan Hammock

Mendirikan Hammock (onlyinyourstate.com)

Hammock saat ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang mulai menyediakan hammock sebagai tempat bersantai. Hammock adalah sebutan untuk ayunan yang terbuat dari bahan kain yang diikatkan ke dua sisi sehingga bisa menahan beban orang yang duduk atau tiduran di atasnya. Saat berkemah di tengah hutan, sebaiknya kamu mendirikan hammock untuk tempat merilekskan diri sambil berayun dan menikmati pemandangan langit yang sangat indah. Buatlah hammock secara bertingkat agar saat difoto terlihat instagramble.

2. Membuat Api Unggun

Membuat Api Unggun (www.hellobc.com)

Berkemah tanpa membuat api unggun rasanya tidak akan seru. Api unggun bisa membuat suasana camping jadi lebih akrab. Selain bisa digunakan sebagai penambah cahaya, api unggun juga bisa menghangatkan tubuh saat udara malam yang dingin mulai menusuk-nusuk tubuhmu. Tak perlu membuat api unggun yang besar, buatlah api unggun yang kecil agar tidak berbahaya untuk lingkungan. Berbincang-bincang di malam hari bersama dengan teman atau keluarga dengan ditemani api unggun akan memberikan kamu pengalaman yang tak terlupakan.

3. Adakan BBQ Party

Mengadakan BBQ Party (atmedia.imgix.net)

Sudah membuat api unggun? Sayang-sayang bukan kalau panas apinya tidak dimanfaatkan secara maksimal? Api unggun yang sudah kamu buat tadi bisa dimanfaatkan untuk BBQ-an. Mengadakan BBQ party saat camping tidaklah sulit kok JBers. Kamu cukup membawa kentang, sosis, serta jagung yang simple dan mudah dimasak. Untuk bumbunya, bawalah mentega, garam, lada, serta saus sambal dan tomat sebagai penambah citarasa. Gunakan perlengkapan makan sekali pakai agar kamu tak perlu repot mencuci dan langsung memasukkannya ke kantong plastik.

4. Membawa Gameboard

Bermain Board Game (tallypress.com)

Mengadakan permainan bisa menambah suasana camping jadi lebih seru. Tapi permainan apa yang kira-kira cocok untuk dimainkan saat camping? Jika kamu punya gameboard di rumah, kamu bisa membawanya saat camping. Gameboard biasanya harus dimainkan secara beramai-ramai yakni sekitar 3-5 orang. Contoh gameboard yang dimainkan ramai-ramai adalah ular tangga, monopoli, jenga, scrabble, twister, dan masih banyak lagi. Berikan hukuman bagi orang yang kalah bermain seperti bersih-bersih tenda atau membuat api unggun.

5. Petikan Gitar Sebagai Alunan Musik

Bermain Gitar saat Kemah (kxcdn.com)

Di manapun kamu berada, musik selalu menjadi pembangkit suasana. Tapi saat camping, petikan gitarlah yang paling identik dan menjadi ciri khas. Gitar biasa dimainkan saat berkumpul sambil mengelilingi api unggun. Jadi, saat camping sebaiknya kamu ajak teman yang bisa bermain gitar agar bisa membuat suasana campingmu lebih berkesan. Kamu bisa bertanya kepada teman-temanmu terlebih dahulu, lagu kesukaan mereka agar mereka juga bisa ikut bernyanyi bersama.

Semoga dengan kelima tips di atas, acara camping kamu bisa tambah seru dan berkesan ya JBers!