Kamu penyuka film Marvel, jelas tak asing lagi dengan Thor. Thor bisa dibilang tak terpisahkan dengan palu miliknya yang bernama Mjolnir. Meski terlihat ringan, ternyata palu ini bukan palu sembarangan, dan juga tak sembarang orang bisa mengangkatnya. Selain Thor, ternyata palu ini pernah juga diangkat oleh beberapa superhero lainnya. Siapa saja? Berikut kelimanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Captain America

Captain America dalam Fear Itself (Reddit)

Pertama kali Captain America mengangkat Mjolnir pada seri komik “The Mighty Thor” tahun 1988, dimana dikisahkan pada episode itu bahwa Thor berhasil dikalahkan oleh Grog and The Demons of Death, lalu Captain sukses mengangkat Mjolnir dan menyerahkan pada Thor untuk mengembalikan kekuatannya.

Dalam komik lainnya, “Fear Itself” (2011), Captain America yang berhadapan dengan The Serpent, kehilangan perisainya karena hancur. Beruntung kemudian Thor menjatuhkan Mjolnir ke bumi dan Capt mengangkat serta menggunakannya untuk menghadapi anak buah The Serpent.

2. Conan

Thor menyerahkan Mjolnir pada Conan (Io9)

Selama dibawah penerbit Marvel (sejak tahun 2000, Marvel berhenti menerbitkan Conan), jarang terjadi crossover antara tokoh rekaan Robert E. Howard (pengarang Conan) dengan tokoh dari Marvel Universe. Namun salah satu crossover bersejarah yang pernah terjadi adalah dalam serial “What If?”

Dikisahkan, Thor yang terlempar ke ruang waktu, kembali ke zaman Hyborian, dimana dia bertemu dengan Conan. Thor yang kehilangan ingatan, lalu bergabung dengan Conan menjadi pencuri-perampok. Thor kemudian bertarung dengan Thoth-Amon, yang menginginkan kekuatan Mjolnir untuk dirinya sendiri. Setelah pertarungan panjang, Thoth-Amon tewas dan Thor cedera parah. Dalam kondisinya yang kritis, Thor kemudian menyerahkan Mjolnir pada Conan. Sayangnya, kisah ini tak diteruskan lagi, sehingga pembaca tak bisa melihat aksi Conan menggunakan palu Thor tersebut.

3. Hulk

Hulk dalam kendali Thanos (Comicvine)

Hulk yang temperamental dan senang menghancurkan, telah beberapa kali bertarung dengan Thor dan menang. Dalam seri “Avengers Assemble”, Hulk yang ketika itu sedang dalam pengaruh Thanos, menahan tangan Thor yang hendak menghajar Thanos, merebut Mjolnir dan menghantamkannya ke wajah Thor.

4. Superman

Superman mengangkat palu Thor dan perisai Captain America (Taringa)

Tak hanya superhero Marvel saja, karena ada juga superhero DC yang bisa mengangkat Mjolnir. Salah satunya adalah Superman. Superman termasuk yang cukup layak untuk mampu mengangkat Mjolnir, tapi dia tidak dianggap memiliki cukup jiwa pejuang, hingga membuatnya tidak bisa mengangkat Mjolnir.

Dalam komik “JLA/Avengers #4”, diceritakan bahwa Superman memimpin Avengers dan Justice League menghadapi Krona. Dia kemudian mampu mengangkat Mjolnir untuk digunakan menghantam musuh, namun setelah pertarungan selesai dia tak mampu mengangkatnya lagi. Thor menyampaikan pada Superman bahwa Odin telah mengizinkannya mengangkat Mjolnir walau hanya sebentar, untuk kemudian mencabut izin itu kembali setelah Superman menang.

5. Wonder Woman

Wonder Woman mendapat kekuatan palu Thor (Reddit)

Sebelum muncul seri “JLA/Avengers”, Marvel dan DC telah membuat crossover berjudul “Marvel vs DC”. Miniseri ini hanya terfokus pada pertarungan besar antara para jagoan Marvel dan DC. Pemenang dari 5 pertarungan utamanya ditentukan lewat voting pembaca. Salah satu dari pertarungan utama itu adalah Storm (Marvel) vs Wonder Woman (DC).

Thor sendiri dalam miniseri ini berhadapan dengan Captain Marvel, lalu ketika dia kehilangan kontrol atas Mjolnir, palu tersebut malah ‘mendatangi’ Wonder Woman yang dengan mudah mampu mengangkatnya. Wonder Woman kemudian mendapat kekuatan dari Mjolnir, namun ketika harus berhadapan dengan Storm, Wonder Woman yang menginginkan pertarungan yang adil, akhirnya melepaskan kekuatan Mjolnir dari dirinya. (tom)