Celebes Canyon (@rahmat.hm)

Wisata alam Indonesia saat ini memang sedang gencar dipromosikan. Pasalnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak terhitung jumlahnya sehingga sangat sayang jika tidak diketahui oleh banyak orang. Selalu saja ada surga tersembunyi yang bisa kamu datangi untuk dieksplor keindahan alamnya, salah satu tempat yang memiliki pesona tersebut adalah pulau Sulawesi Selatan. Orang lebih mengenal kota Makassar yang menjadi ibukota Sulawesi Selatan dengan kuliner dan wisata alamnya yang menarik. Tapi ternyata tak hanya Makassar saja yang bisa kamu eksplor dari Sulawesi Selatan ini, tapi ada kabupaten Barru yang belakangan menjadi sorotan berkat wisata alamnya yang sedang naik daun.

Celebes Canyon (@byanrzn)

Mungkin kamu cukup asing jika mendengar kabupaten Barru. Di kabupaten ini ternyata ada spot wisata alam yang sangat cantik bernama Celebes Canyon. Disebut canyon karena tempat ini dinilai mirip dengan Green Canyon yang ada di Amerika Serikat. Celebes Canyon adalah air terjun dengan aliran sungai yang sangat bersih dan jernih sehingga hawanya masih sangat asri. Air yang mengalir ke Celebes Canyon ini tadinya berasal dari Sungai Ule, yakni salah satu sungai terbersih yang ada di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, tak heran jika air yang ada di Celebes Canyon ini sangat bening dan tidak berpolusi ya JBers!

Ukiran Batu di Celebes Canyon (@muhasrul_hl)

Selain airnya yang jernih, Celebes Canyon memiliki keunikan dan daya pikat yang bisa kamu lihat dari tebing bebatuan yang ada di sini. Seolah dipahat oleh manusia, tebing bebatuan ini memiliki ukiran-ukiran yang terlihat sangat eksotik seperti sebuah karya seni alami. Hal ini dikarenakan air yang mengalir di sungai ini tak pernah kering meski saat musim kemarau panjang sehingga proses pengikisan batu oleh air sungai tetap terus berlangsung. Keunikan Celebes Canyon tak hanya di situ saja, tapi kamu juga bisa menemukan kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami sehingga kamu bisa sepuasnya berenang di sini dengan air terjun-air terjun kecil yang arusnya tak terlalu deras.

Celebes Canyon (@rizaldy_bachri)

Bagi kamu para pecinta alam yang suka berkemah, kamu juga bisa mendirikan tenda di sini. Tapi tentunya setelah mendapatkan izin dari pengelola dan penduduk setempat karena berkemah di dekat Celebes Canyon ini gratis kok. Kamu hanya perlu menjaga lingkungan setempat dengan tidak meninggalkan sampah atau mencorat-coret bebatuan yang ada di sini. Sambil berkemah, kamu bisa mendengarkan suara merdu dari air terjun dan kicauan burung serta udara dingin yang segar. Ketika malam tiba, gemerlap bintang-bintang bisa kamu lihat dengan jelas karena udara di sini masih bersih dan tak ada polusi.

Celebes Canyon (@hunfotmakassar)

Untuk bisa sampai ke lokasi Celebes Canyon memang dibutuhkan sedikit usaha. Meski saat ini pihak pemerintah setempat sudah mengaspal jalanan menuju tempat wisata ini, tapi letaknya yang cukup terpelosok membuat kamu harus jeli dalam melihat petunjuk jalan agar tidak nyasar. Rute yang bisa kamu lewati dari kota Makassar ke arah kabupaten Baru ini bisa lewat Jalan Makassar-Maros, lalu dari sana melalui Jalan Pangkajene menuju Barru. Kira-kira total jarak tempuhnya sekitar 15km. Memasuki kawasan wisata, kamu tak lantas langsung sampai di air terjunnya, tapi harus berjalan sekitar 15-20 menit terlebih dahulu dari pintu masuk atau tempat parkir.

Celebes Canyon (travelingyuk.com)

Buat JBers yang penasaran ingin melihat keindahan tebing bebatuan di Celebes Canyon ini, kamu bisa datang langsung ke Libureng, Tanate Riaja, Kabupaten Barru dengan membayar tiket masuk hanya Rp 2.500 saja dan parkir sebesar Rp 5.000. Berhubung Celebes Canyon adalah tempat wisata baru, maka kamu tak akan menemukan fasilitas seperti tempat ganti baju, warung makanan, musholla, WC umum, dan lain sebagainya. Tapi menurut penduduk setempat, lokasi wisata ini akan ditambahkan fasilitas lengkap oleh pemerintah setempat. Semoga saja harapan tersebut cepat terkabul ya JBers agar kita bisa puas berwisata ke Celebes Canyon. Selamat berwisata!