Tips Agar Barang Muat Bagasi (parfaitlingerie.com)

Barang bawaan apa saja yang biasa kamu bawa saat sedang traveling? Saat packing barang bawaan adalah saat yang paling menyusahkan dan memusingkan. Sebisa mungkin kamu akan berusaha agar semua barang bawaan yang kamu perlukan untuk traveling bisa masuk ke dalam koper. Tapi tentunya tanpa kamu sadari hal tersebut bisa membuat koper kamu kelebihan beban bagasi sehingga kamu harus membayar tambahan dana lagi agar kopermu bisa masuk bagasi. Hal seperti ini memang paling sering terjadi dan tidak bisa kamu hindari saat traveling. Rata-rata maskapai penerbangan menentukan batas muatan bagasi mulai dari 20-30 kg tergantung kelas penerbangan yang kamu pilih. Tapi tenang saja JBers karena ternyata ada trik pintar untuk membuat barang bawanmu tidak kelebihan bagasi, yaitu:

1. Membawa Pakaian Serbaguna

Membawa Baju Serbaguna (pinimg.com)

Saat packing barang bawaan, kamu harus menyeleksi baju apa yang akan kamu bawa. Tapi lihat terlebih dahulu, berapa lama kamu akan pergi. 2-3 hari atau seminggu lebih? Bawalah pakaian yang bisa digunakan untuk situasi apa saja seperti kaos dan jaket yang bisa kamu padu-padankan. Jika traveling ke daerah pantai atau tempat beriklim panas, bawalah baju berbahan tipis, sementara jika traveling ke daerah pegununganan atau yang berhawa dingin. Kamu bisa membawa beberapa buah kaos biasa dengan satu buah jaket yang tebal untuk menghangatkan tubuhmu.

2. Kurangi Peralatan Mandi

Kurangi Peralatan Mandi (googleusercontent.com)

Selain baju, biasanya peralatan mandi akan menyita berat barang bawaan. Kalau kamu berniat untuk menginap di hotel, kamu tak usah membawa peralatan mandi seperti sikat gigi, sabun mandi, dan odol karena biasanya pihak hotel sudah menyediakannya. Kamu juga bisa membeli langsung peralatan mandi di tempat tujuan agar barang bawaanmu jadi lebih ringan. Jika merek peralatan mandimu susah dicari, bawalah dalam ukuran yang kecil atau kamu bisa memindahkannya ke dalam plastik kecil sekali pakai. Untuk peralatan make up, bawalah seperlunya dan tetap pilih dalam ukuran yang lebih kecil.

3. Tak Perlu Bawa Gadget yang Berlebihan

Mengurangi Pembawaan Gadget (susieandhiran.files.wordpress.com)

Apa tujuan travelingmu? Kalau kamu traveling untuk liburan, sebaiknya kamu tak perlu membawa laptop serta tablet milikmu karena akan menambah beban barang bawaan. Cukup denga pocket camera dan smartphone karena kedua gadget tersebut pastinya kamu gunakan untuk berfoto-foto dan berkomunikasi. Membawa banyak gadget saat traveling justru akan membuat dirimu rawan terkena pencurian. Kamu tentunya tak ingin khan kalau dirimu merasa cemas sepanjang perjalanan hanya karena kamu terlalu banyak membawa gadget saat traveling.

4. Menggunakan Ransel

Menggunakan Ransel (tokopedia.net)

Traveling menggunakan tas ransel bisa membuat barang bawaanmu jadi lebih sedikit. Pasalnya, muatan tas ransel tidak sebanyak muatan koper. Pilih tas ransel dengan bahan nylon atau polyester. Selain ringan, bahan tersebut juga bisa tahan air sehingga cocok untuk dibawa traveling. Jangan menggunakan tas ransel dengan bahan kulit karena lebih berat dan bisa membuat beban barang bawaanmu menjadi lebih besar.

5. Pilih Koper dengan Ukuran Kabin

Pilih Koper dengan Ukuran Kabin (filipinotimes.ae)

Jika kamu tak suka menggunakan tas ransel atau bahan bawaanmu tidak muat masuk dalam tas ransel, gunakanlah koper dengan ukuran kabin. Pilih koper kabin dengan bahan yang tepat agar tidak terlalu berat. Biasanya batasan muatan bagasi kabin adalah 7kg. Jika lebih dari 7kg, maka koper kabin kamu harus masuk ke dalam bagasi pesawat. Jadi, jangan lupa untuk memilih kembali barang bawaan yang akan kamu bawa dan pastinya akan kamu gunakan nantinya.

Semoga dengan lima trik di atas, barang bawaanmu tidak akan mengalami kelebihan bagasi ya JBers! (jow)