Processed with VSCO with a5 preset

Negara kita memiliki begitu banyak surga tersembunyi yang barangkali baru diketahui beberapa tahun belakangan. Mulai dari pantai, puncak, hingga danau-danau tercantik yang tak kalah dari objek wisata di luar negeri. Misalnya seperti kelima danau ini, yang dinilai memiliki warna paling biru di Indonesia. Danau ini cocok untuk menenangkan hatimu.

1. Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte (Merdeka)

Telaga Rambut Monte ini terletak di Blitar, Jawa Timur, tepatnya di Desa Krisik, Gandusari. Selain keindahan danaunya, kamu juga bisa melihat-lihat candi bersejarah yang berada di sekitarnya. Menurut legenda, telaga ini tercipta berkat kesaktian Mbah Monte.

2. Danau Tebing Makariki

Danau Tebing Makariki (Merdeka)

Danau Tebing Makariki ini ada di Pulau Seram, dan termasuk bagian dari Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah. Danau ini masih tergolong perawan karena masih belum terlalu banyak traveler yang mengunjunginya. Selain itu, lokasi yang lumayan sulit dijangkau memang menjadikan danau ini masih terjaga keasliannya.

3. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin (Merdeka)

Kini kita beralih ke Yogyakarta. Telaga ini berlokasi di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telaga Biru Semin ini disebut-sebut sebagai Kelimutu-nya Yogyakarta. Telaga biru Semin merupakan ceruk bekas pertambangan batu putih yang kemudian digenangi air. Pemandangan dari atas danau memang tampak luar biasa dengan air biru cerah dan pulau-pulau mini yang berwarna kontras.

4. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin (Merdeka)

Danau Labuan Cermin kini menjadi salah satu objek wisata andalan Kalimantan Timur. Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau. Air yang berada di dasar danau memiliki rasa asin seperti air  laut. Sementara air di permukaannya terasa tawar. Namun yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan adalah warna birunya yang begitu indah.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin Belitung (Merdeka)

Selain pantai yang indah, Belitung juga punya danau yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Danau Kaolin. Sama seperti Telaga Semin, Danau Kaolin juga terbentuk di ceruk bekas galian tambang. Alamnya indah dengan tebing seputih salju yang tampak kontras dengan air danau berwarna biru muda. Danau Kaolin yang ini berada di Jalan Murai, bukan Air Bara seperti Danau Kaolin yang berada di Bangka. (tom)