4

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Konon di beberapa wilayah di negeri yang sangat kaya sumber daya ini juga tersimpan harta karun terpendam dengan nilai fantastis. Berikut adalah 5 harta karun yang mungkin terpendam di Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Harta karun Bung Karno

Bung Karno (Berdikarionline)

Harta karun paling fenomenal yang masih dipercaya hingga sekarang adalah harta peninggalan dari Bung Karno. Konon harta itu terpendam di dalam tanah-tanah di seluruh Pulau Jawa. Harta itu dikumpulkan oleh Bung Karno usai terjadi perang revolusi. Harta yang dimaksudkan adalah emas batangan dengan cetak gambar Bung Karno di dalamnya. Sampai saat ini harta warisan ini belum ditemukan, karena menurut kabar harta ini dilindungi oleh kekuatan mistik sehingga tak bisa dilihat orang sembarangan. Ada yang mengatakan bahwa nilai dari harta karun ini mencapai USD 50 miliar, atau sekitar Rp 700 triliun.

2. Harta Warisan Tomoyuki Yamashita

Tomoyuki Yamashita (Coinweek)

Tomoyuki Yamashta adalah seorang Jenderal Jepang yang dieksekusi mati di Filipina. Ia telah banyak melakukan kejahatan-kejahatan hingga layak dieksekusi. Sebelum Yamashita dieksekusi, ia ditugaskan untuk membawa emas batangan hasil jarahan saat Perang Dunia II. Sayangnya saat Jepang mulai kalah, Yamashita menyembunyikannya di gua-gua yang ada di Pulau Jawa. Harta ini masih belum ditemukan sampai sekarang. Meski belum ada informasi yang menyebutkan total nilai emas tersebut, namun diketahui emas itu ada berton-ton, sehingga nilainya tak kurang dari Rp 1 triliun.

3. Harta Karun Kerajaan Majapahit

Peninggalan Kerajaan Majapahit (Portalsejarah)

Kerajaan ini memiliki banyak sekali kekayaan sehingga peninggalan kekayaannya jadi buruan banyak orang. Kekayaan Kerajaan Majapahit berupa koin emas serta perabotan yang semuanya juga terbuat dari emas. Kekayaan yang besar ini konon terkubur di beberapa tempat di reruntuhan Kerajaan Majapahit. Namun hingga kini keberadaan harta Kerajaan Majapahit ini masih belum ditemukan. Jika ditemukan, maka dipastikan nilainya lebih dari Rp 1 triliun.

4. Harta Karun Kerajaan Sriwijaya

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Weebly)

Pada tahun 2009 lalu, sebongkah patung emas dengan nilai Rp 4 miliar ditemukan di Sungai Musi. Akibatnya, banyak warga mulai ikut-ikutan mencari harta yang diduga berasal dari Kerajaan Sriwijaya. Konon sungai ini menyimpan banyak harta yang sengaja dibuang atau terbuang di masa lalu. Bahkan Pemerintah Palembang mulai melakukan kerja sama dengan perusahaan swasta untuk melakukan eksplorasi. Sayangnya selama pencarian dilakukan tak ada harta karun yang ditemukan.

5. Harta Kapal Flor de Mar

Ilustrasi kapal Flor De Mar (Ancient-origins)

Kapal Flor De Mar adalah kapal dari Portugis yang berlayar di sekitar Selat Malaka dengan membawa banyak sekali barang jarahan. Diperkirakan ada sekitar 60 ton emas beserta berlian dan juga permata. Sayangnya kapal itu justru karam di Selat Malaka dan hingga sekarang tak ditemukan lagi bangkai kapalnya. Harta-harta yang ada pada kala ini diperkirakan bernilai hingga USD 60 miliar, atau sekitar Rp 840 triliun. Sudah pasti banyak ekspedisi yang dilakukan untuk mencari harta terpendam di dasar laut ini, namun sayangnya pencarian yang dilakukan selalu berakhir dengan kekecewaan. (tom)