Sering lihat meme yang memperlihatkan emak-emak pasang sein ke kanan tapi belok ke kiri saat mengendarai motor? Atau bahkan, kamu sudah pernah melihatnya secara langsung? Setelah sekian lama kita bertanya-tanya kenapa fenomena di kalangan emak-emak ini selalu terjadi, akhirnya curhatan dari akun bernama Riko Murasakibara di Facebook ini menjawab segala pertanyaan kita.

Dalam status yang dia unggah pada Senin, 21 Agustus 2017 lalu , Riko Murasakibara menceritakan bagaimana dia berdebat dengan seorang emak-emak yang terlibat kecelakaan dengannya. Dalam perdebatan tersebut, terungkap kenapa emak-emak itu sein ke kanan tapi belok ke kiri.

Pada awalnya, Riko meminta tolong kepada netizen untuk menjelaskan penggunaan lampu sein yang baik dan benar. Karena pada hari itu dia baru saja mengalami kejadian tidak mengenakkan karena lampu sein. Dan pelakunya tidak lain adalah emak-emak yang memang sudah menjadi rahasia umum sering salah dalam menggunakan lampu sein.

Jadi, kronologinya, Riko sedang berkendara di sebelah kiri dengan kecepatan rendah karena di sebelah kanannya ada seorang ibu yang menyalakan sein kanan. Karena beranggapan ibu itu mau belok kanan, Riko fokus berjalan ke depan. Tapi tiba-tiba, si ibu tersebut langsung belok kiri tepat di depan motornya. Kejadian yang sangat tiba-tiba itu membuat motor mereka bertabrakan.

Masih dalam statusnya, Riko menuliskan percakapan ia dengan ibunya yang mengungkapkan alasan dibalik emak-emak sein kanan tapi belok kiri. Alasannya seperti terlihat berikut ini.

Alasan kenapa emak-emak sein kanan tapi belok kiri (Facebook)

Ternyata, itulah logika yang tertanam dalam benak emak-emak selama ini. Mereka memasang sein kanan karena ingin orang yang di belakangnya belok ke kanan, karena dirinya ingin belok ke kiri.

Logika emak-emak ini sungguh bikin kita cuma bisa geleng-geleng kepala. Entah bagaimana bisa logika tersebut tercipta. Tapi yang jelas, akhirnya satu misteri dari emak-emak ini terungkap juga alasannya. (tom)