5 Surga Alam Indonesia yang Kalahkan Keindahan Maladewa

Banyak sekali potensi wisata alam kita yang membuatmu bangga dengan Indonesia. Bahkan ada destinasi wisata di Indonesia yang katanya bisa mengalahkan keindahan Maladewa. Di mana saja? Berikut kelima destinasi wisatanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Danau Toba

Danau Toba (Xplorea)

Terletak di Sumatera Utara, danau ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 505 meter. Area yang luas menyerupai lautan, menbuat Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara. Pemandangan yang mempesona dengan nuansa alam yang menenangkan tak akan membuatmu kecewa datang ke sini. Kamu juga bisa menikmati beragam pesta atau festival, khususnya ritual adat tradisional dari suku Batak.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng (Findingbeyond)

Di sini saat pagi hari, kamu bisa mulai menikmati keindahan matahari terbit di Bukit Sikunir dilanjutkan menuju Kawah Sikidang, Telaga Warna, Batu Pandang, komplek Candi Arjuna Dieng, dan lain-lain. Terdapat sebuah tradisi tradisional seperti ruwatan di Dieng. Ruwatan merupakan upacara atau ritual yang bertujuan mengusir nasib buruk atau kesialan dengan memotong rambut gimbal. Selain itu, masih banyak festival lainnya seperti Dieng Culture Festival dan jazz atas awan.

3. Pantai Maluk

Pantai Maluk (Indonesia-tourism)

Pantai Maluk merupakan salah satu yang terindah di Pulau Sumbawa Barat. Kamu bisa sekedar bersantai menikmati sinar matahari ditemani desiran angin dan ombak laut. Selain itu, Pantai Maluk terkenal dengan ombanya yang sangat bagus untuk berselancar. Ombak di pantai Maluk diberi julukan Super Suck, karena ombak yang menuju daratan terpecah sebuah tanjung.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo (Flickr)

Berlokasi diantara Sumbawa dan Flores, di sepanjang Nusa Tenggara Timur barat, Pulau Komodo sangat populer. Pulau Komodo mempunyai daya tarik seperti adanya spesies kadal terbesar dan pemandangan alam yang indah. Hal yang lebih membanggakan, Pulau Komodo terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO dan termasuk salah satu “New Seven Wonders of Nature”.

5. Raja Ampat

Raja Ampat (Jakartapost)

Raja Ampat memiliki arti Empat Raja, merupakan kepulauan yang terdiri dari pulau Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan deretan pulau kecil. Banyak potensi wisata alam yang menakjubkan di Raja Ampat. Di antaranya seperti keindahan bawah lautnya, flora dan fauna endemik, budaya, dan masih banyak lagi. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah membuktikan sendiri keindahan alam di sini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Terungkap Alasan Emak-emak Sein ke Kanan Tapi Belok Kiri

Keren, 5 Musisi Indonesia Ini Punya Fans Membludak di Malaysia