Es krim, kopi, teh, maupun buah-buahan sering dijadikan makanan atau minuman pencuci mulut di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Masing-masing rasanya bisa membangkitkan semangat dan mood booster. Situs luar negeri, Organics.org, lalu membuat daftar dessert terunik di dunia. Rupanya, salah satu dari dessert dalam daftar itu ada yang berasal dari Indonesia! Mari kita lihat ada dessert apa saja dalam daftar ini.

1. Cendol

Cendol (Organics)

Minuman ini biasa dijumpai di Indonesia dan Malaysia. Kita bisa menemukannya di pinggir jalan hingga di restoran mewah. Siapa di antara kamu yang doyan dengan dessert ini?

2. Tavuk Gögsü

Tavuk Gögsü (Organics)

Makanan ini merupakan olahan kombinasi dari tepung beras, ayam, dan kayu manis. Amat digemari di Turki, tapi sering dirasakan ganjil di lidah gara-gara kombinasi kayu manis, ayam, plus tepung berasnya. Meski demikian, dessert ini sebenarnya adalah favorit para pemimpin di masa kesultanan Utsmaniyah.

3. Crème de Abacate

Crème de Abacate (Organics)

Makanan penutup dari Brasil ini terbuat dari alpukat yang dikombinasikan dengan krim, gula, dan air jeruk. Rasanya enak, tapi tidak begitu digemari karena warna hijaunya yang tak menggugah selera. Kalau kalian merasa tak nyaman memakannya, mungkin membayangkan sedang makan es krim rasa pandan bisa membantu.

4. Liquid Nitrogen Ice Cream

Liquid Nitrogen Ice Cream (Organics)

Filipina punya es krim nitrogen. Es krim ini dibuat dengan menggunakan nitrogen cair dan sangat populer di Filipina. Tapi di beberapa negara lain, keberadaannya sering dikritik karena terlalu dingin. Mungkin dessert ini lebih cocok dinikmati kita yang tinggal di daerah berhawa panas seperti di Jakarta dan Surabaya.

5. Deep Fried Candy Bars

Deep Fried Candy Bars (Organics)

Skotlandia punya permen yang super manis. Saking manisnya, di beberapa negara lain justru makanan ini tidak terlalu disukai. Deep Fried Candy Bars dibuat dari lapisan karamel dan coklat tebal, yang kemudian dipanggang. Mungkin lebih cocok dimakan sebagai camilan dibandingkan makanan pencuci mulut.

6. Chocolate Covered Crickets

Chocolate Covered Crickets (Organics)

Tidak terlalu mengagetkan jika Thailand punya makanan ekstrem. Tapi yang satu ini, kita mungkin akan mengernyitkan dahi. Karena ternyata, masyarakat Negeri Gajah Putih itu mengonsumsi jangkrik-jangkrik dengan cara dicelupkan coklat terlebih dahulu.

7. Red Bean Cake

Red Bean Cake (Organics)

Kue kacang merah asal Hong Kong ini tidak terlihat absurd. Karena kue ini dibuat dari adonan kacang merah yang ditambah taburan wijen, lantas dibekukan sampai solid.

8. Picarones

Picarones (Organics)

Donat khas Peru ini bisa dibilang donat yang cukup dihormati di dunia perdonatan. Karena kue ini sudah diproduksi sejak zaman Peru masih dijajah, atau sebelum 1800-an. Donat yang sarat muatan historis ini dibuat dengan menggunakan kentang.

9. Es Kacang

Es Kacang (Organics)

Singapura punya es kacang. Namun, di sinilah letak anehnya. Karena di banyak negara, kacang dan es kelapa manis dirasa bukan jodoh yang tepat. Tapi di beberapa negara Asia Tenggara, kacang merah buah-buahan, serta biji-bijian bisa dikawinkan secara sempurna di dalam es campur.

10. Es Krim Wasabi

Es Krim Wasabi (Organics)

Mungkin bagi banyak orang yang tak suka wasabi, es krim ini layaknya mimpi buruk. Karena mendarat di lidah sedikit saja, wasabi rasanya sudah aneh. Bagaimana jika dijadikan es krim? Mungkin kamu mau mencicipinya jika memang sudah biasa memakan sushi memakai wasabi. (tom)