Bosan dengan suasana kota yang macet, bising, penuh polusi? Jika kamu ingin lepas dari suasana itu dan ingin menyendiri, maka kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang dekat dari Jakarta ini.

1. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove (Ceriwis)

Sekilas hutan bakau ini bakal mengingatkan kamu sama suasana khas hutan Kalimantan yang penuh binatang dan jarang ketemu orang. Padahal lokasi hutan ini masih di Jakarta, tepatnya di kawasan wisata alam Angke Kapuk. Dengan luas hampir 100 hektar, hutan mangrove ini adalah salah satu dari sedikit tempat yang cocok untuk menyendiri dan melepaskan beban pikiran di Jakarta.

2. Masjid Al Azhom

Masjid Al Azhom (Panduanwisata)

Masjid yang berada di Tangerang ini cocok buat kamu yang ingin menyendiri sambil mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa. Di masjid yang paling megah di Tangerang ini, kamu bisa menjauhkan diri sebentar dari ramainya Ibu Kota dan melihat kerennya arsitektur bangunan masjid berkubah biru ini.

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (Yukpiknik)

Tak jauh dari Jakarta ada taman hijau yang jadi favoritnya warga Bogor. Selain bisa melihat ribuan jenis tanaman, bunga, dan kaktus yang semuanya keren-keren, kamu juga bisa piknik sambil santai di tepi danau buatannya. Kamu bisa membeli camilan, gelar karpet di bawah pohon, lalu bersantai di sana sambil menghirup udara segar.

4. Taman Krida Loka

Taman Krida Loka (Jakartatraveller)

Taman Krida Loka ini letaknya bersebelahan dengan Gelora Bung Karno. Mirip-mirip dengan Kebun Raya Bogor, taman yang satu ini terbilang adem. Di sini ada jogging track sepanjang 1.000 meter yang lengkap dengan petunjuk “start” dan “finish”. Ada banyak juga fasilitas olahraga lainnya yang bisa kamu temukan di sini. Kamu bisa menyendiri untuk segarkan pikiran sambil olahraga di sini.

5. Gunung Pancar

Gunung Pancar (Tempatwisataseru)

Cuma sekitar sejam dari Jakarta, ada tempat wisata alam yang mantap di daerah Sentul. Gunung Pancar namanya. Dengan ketinggian 300-800 meter di atas permukaan laut, tak heran jika udara di sini juga lumayan sejuk. Kamu bisa menikmati tenangnya suasana piknik di tengah hutan tanpa diganggu suara kendaraan atau orang yang lalu-lalang. (tom)