Saat akan melakukan traveling, budget untuk akomodasi, terutama transportasi memang cukup menguras isi kantong. Tapi hal ini bisa kamu atasi dengan menyewa kendaraan di tempat tujuan wisata. Menyewa kendaraan bisa sangat menghemat pengeluaran jika melakukan traveling beramai-ramai dengan teman atau keluarga. Selain itu, kamu juga bisa dengan leluasa menjangkau daerah-daerah tertentu tanpa perlu memikirkan transportasi umum yang harus dinaiki ke tempat tujuan wisata. Jenis kendaraan yang disewakan biasanya adalah motor dan mobil. Sebelum kamu menyewa kendaraan saat traveling, JadiBerita punya lima tips yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

1. Pesan Sebelum Berangkat

Pesan Sebelum Berangkat (www.geomarketing.com)

Sebaiknya sebelum kamu berangkat ke tempat tujuan wisata, kamu sudah memesan atau membooking kendaraan terlebih dahulu. Hal ini harus kamu lakukan karena kemungkinan kamu bisa mendapatkan kendaraan sisa yang dalam kondisi kurang baik. Oleh karena itu, pesanlah H-1 terlebih dahulu agar kamu bisa memilih kendaraan dan pihak penyedia bisa memperlihatkan kondisi kendaraan terlebih dahulu padamu meski hanya lewat chat. Tapi jangan lupa ya untuk searching dan bertanya pada teman-teman terlebih dahulu untuk mencari tempat penyewaan kendaraan yang bagus dan terpercaya.

2. Mengisi Bahan Bakar Secara Terpisah

Mengisi Bahan Bakar Secara Terpisah (tstatic.net)

Ketika bernegosiasi tentang harga kendaraan yang akan kamu sewa. Pastikan untuk tidak menyertakan bahan bakar di dalamnya. Biasanya saat kamu terima kendaraan, isi bensin tidak penuh alias tinggal setengah dan kamu tidak menyadarinya. Hal ini tentu bisa merugikan dirimu. Mengisi bahan bakar secara terpisah adalah cara terbaik agar kamu juga bisa mengecek dan memperkirakan berapa liter bensin yang akan kamu gunakan.

3. Cek Kondisi Kendaraan

Cek Kondisi Kendaraan Saat Menyewa Mobil untuk Traveling (www.geico.com)

Saking senangnya dan tidak sabaran melakukan perjalanan, kita terkadang lupa mengecek kondisi kendaraan pada saat pertama kali menerimanya. Pastikan untuk mengecek seluruh kondisi kendaraan baik itu secara tampilan fisik dan non fisik seperti mesin, aki, setir, dan juga rem. Lakukan test drive untuk mempermudah kamu mengeceknya. Ambil foto kendaraan dari berbagai macam sisi karena siapa tahu ada bagian kendaraan yang sudah penyok atau tergores sebelum kamu mengendarainya.

4. Jangan Lupakan Dokumen Penting

Jangan Lupakan STNK (autobild.co.id)

Ketika menyewa kendaraan, pastikan untuk tidak lupa meminta STNK karena biasanya hal kecil seperti ini sering terlupa. Pastikan apakah pajak kendaraannya masih berlaku atau sudah habis. Kamu tak ingin khan ditilang polisi karena kendaraan yang kamu pinjam sudah mati pajaknya. Pihak penyedia biasanya akan meminta jaminan seperti KTP atau kartu mahasiswa milikmu. Jangan lupa untuk memintanya kembali saat akan mengembalikan kendaraan.

5. Selalu Bawa Kunci Pengaman Tambahan

Selalu Membawa Kunci Tambahan (camargus.com)

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama traveling menggunakan kendaraan pinjaman. Alangkah baiknya jika kamu meminta kunci pengaman tambahan pada pihak penyedia agar kamu bisa dengan tenang meninggalkan kendaraanmu di tempat parkir wisata. Kalau mereka tidak punya, maka kamu bisa membawanya dari rumah atau membelinya. Oleh karena itu, kembali lagi pada tips nomer satu kalau sebaiknya kamu memesan kendaraan pada H-1 agar hal-hal seperti ini bisa kamu atasi.

Semoga kelima tips di atas bisa berguna saat kamu akan melakukan traveling ya JBers! (jow)