Traveling ke Bukit Jamur di Gresik yang Bikin Kamu Jadi Alice in Wonderland

Gresik merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dijuluki sebagai kota industri. Tapi tak hanya itu saja, Gresik ternyata juga punya aneka tempat wisata menarik yang pastinya bisa bikin kamu berdecak kagum. Seolah tak mau kalah dengan kota-kota wisata di sekitarnya seperti Banyuwangi dan Malang, Gresik juga bisa kamu jadikan kota wisata berikutnya yang akan kamu datangi saat weekend atau liburan nanti. Ada satu tempat wisata kece yang sedang jadi incaran anak muda yakni Bukit Jamur.

Bukit Jamur Gresik (www.dakatour.com)

Bukit Jamur adalah destinasi wisata alam yang terkenal akan keunikannya. Sesuai dengan namanya, Bukit Jamur merupakan bukit yang bentuknya mirip dengan jamur-jamur raksasa. Bukit berbentuk jamur ini terbentuk secara alami alias bukan sengaja dibuat oleh manusia loh JBers. Awalnya, kawasan Bukit Jamur merupakan kawasan pertambangan yang telah terbengkalai dan ditinggalkan selama bertahun-tahun. Lalu lama-kelamaan kawasan ini mulai terkikis karena faktor alam seperti angin dan hujan. Bagian bawah yang merupakan tanah lebih mudah terkikis dibanding bagian atas yang merupakan bebatuan kapur.

Bukit Jamur Gresik (@ridapangesti)

Bagian bawah yang rentan terkikis inilah yang membuatnya terbentuk seperti batang alami dan bagian atasnya membulat seperti bagian atas jamur. Hasilnya seperti yang tampak pada gambar di atas, benar-benar menyerupai jamur dengan ukuran raksasa. Unik bukan? Konon, keunikan Bukit Jamur yang terbentuk secara alami ini cuma ada dua di dunia, yakni di Kalimantan dan di Gresik ini. Oleh karena itu, ada banyak sekali wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menyaksikan sendiri keunikan bentuk Bukit Jamur.

Bukit Jamur di Gresik (hipwee.com)

Bukit Jamur ini mengingatkan kita akan cerita Alice in Wonderland. Jadi saat kamu berada di di dekat salah satu jamur-jamur raksasa tersebut, tubuhmu seolah mengecil seperti Alice yang menjadi kerdil. Ada banyak jamur-jamur raksasa di sini. Kira-kira jumlahnya bisa puluhan. Tapi jamur yang paling tinggi memiliki tinggi kurang lebih tujuh meter. Coba saja kamu bayangkan tubuhmu yang seolah mengecil jika berada di bawahnya. Bagi kamu yang ingin datang langsung ke sini, kamu bisa datang setiap hari mulai dari pukul 06.00-17.00. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah saat sore hari karena udaranya tidak terlalu terik. Ditambah lagi kamu bisa melihat pemandangan sunset yang sangat indah dari balik Bukit Jamur.

Bukit Jamur Gresik (@gresiktourism)

Untuk dapat menikmati semua pemandangan dan suasana di Bukit Jamur, tidak ada tiket masuk yang dikenakan. Kamu hanya perlu membayar parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000 saja kok. Lokasi Bukit Jamur terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur. Jika datang dari arah pusat kota Gresik, kamu bisa mengambil jalur menuju barat melewati jalur Pantura melewati jembatan Sungao Bengawan Solo hingga sampai di Pertigaan Bungah. Dari sana, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan saja karena ada banyak petunjuk jalan menuju Bukit Jamur. Kira-kira dari Pertigaan Bungah jaraknya tak lebih dari 1 km. Nah, tunggu apalagi JBers, langsung saja datang ke sini agar bisa merasakan rasanya jadi Alice in Wonderland. (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...