Jika kamu perhatikan, hampir di tiap postingan Instagram atau Twitter pasti ada saja hashtag alias tanda pagar (tagar) yang jumlahnya tak terhitung. Mulai hashtag yang nyambung dengan postingan, sampai hashtag yang kadang tak tahu maksudnya apa tapi tetap saja disertakan.

Mungkin kamu termasuk ke dalam salah satu orang yang memakai hashtag dengan alasan ikut-ikutan, biar dibilang kekinian. Padahal, hashtag itu bukan sekadar simbol kekinian saja, namun ada manfaat atau fungsi yang mungkin saja tak kamu ketahui sebelumnya.

Hashtag (Lifeinlimbo)

Dilansir dari IDNTimescom, Senin (28/8/2017), alih-alih cuma tren kekinian saja, hashtag ternyata juga bisa jadi salah satu ‘alat’ untuk mendatangkan banyak followers di akun medsos milikmu. Hashtag atau tagar yang spesifik bisa bikin postinganmu jadi dikenal orang, terlebih jika kamu memposting foto dengan hashtag yang konsisten.

Hashtag membantu algoritma sosial media yang kamu gunakan untuk memeriksa seberapa baik kinerja hashtag yang kamu sertakan. Selain itu, hashtag juga bisa memberi informasi seberapa banyak post yang dibuat dengannya. Lalu berapa banyak jejak yang terjadi secara online, siapa yang membicarakan postinganmu dan apa yang sebetulnya dikatakan atau dirasa orang mengenai postinganmu.

Jika menarik dan sesuai, tak jarang hashtag bikin kamu jadi makin banyak punya followers dan tentunya meningkatkan pengenalan profil sosial media atau barang juga jasa yang sedang kamu jual di sosial media.

Hashtag (Hashtagpaid)

Hashtag bisa membantumu menyebarkan informasi mengenai apa yang kamu posting, informasi dan layanan terkait di dalamnya. Sehingga, kamu bisa dapat audiens yang sesuai dengan targetmu dan syukur-syukur followers-mu pun bertambah.

Oleh karena itu, tak berlebihan jika hashtag telah menjadi tolok ukur bukan hanya dari seberapa penting suatu topik pembicaraan tetapi juga sebagai alat komunikasi universal yang melewati batasan bahasa, negara dan entitas (perusahaan, pribadi, kelompok hingga pejabat pemerintahan) dapat terhubung dengan penggunaan hashtag. Bahkan tak jarang, hashtag juga bisa digunakan sebagai penggerak massa.

Nah, sekarang kamu tahu apa fungsi hashtag sebenarnya. Jadi, jangan asal-asalan lagi memakai hashtag. (tom)