Kejadian cukup langka terjadi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Video hasil dokumentasi warga juga bahkan menjadi viral di media sosial. Kondisi tersebut membuat warga sekitar berkumpul.

Peristiwa langka itu awalnya diunggah dalam bentuk video oleh akun Twitter @febicil. Dia tak mengira kondisi alam itu benar-benar terjadi. Akun Twitter ini menyebut bahwa hujan di wilayahnya hanya mengguyur satu rumah saja.

“Ada hujan yang turun di satu rumah doang di tebet, kiri kanan-nya kering,” tulisnya sebagai keterangan video.

Video berdurasi 15 detik tersebut memperlihatkan kondisi di sebuah jalan. Kanan kirinya penuh rumah. Ada sejumlah orang yang berkumpul, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

“Jadi di Tebet ada satu rumah jadi ujan satu rumah doang, rumah ini doang, sananya kering, sininya juga kering,” kata wanita di dalam video.

Rumah yang dimaksud dalam kondisi gelap. Tapi terlihat gemericik air yang turun di tengah jalannya. Menurut beberpa komentar, ada yang menganggap bahwa rumah itu disiram, atau disangka tangki airnya bocor, tapi ternyata bukan itu hal yang terjadi.

Terkait hal tersebut, Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko pun angkat bicara. Harry mengatakan bahwa belum bisa memastikan apakah betul itu hujan atau tidak. Namun kata dia, mungkin saja hal itu bisa terjadi, dengan kondisi tertentu.

“Misalnya di daerah itu suhunya, udara, kelembapannya, arah kecepatan angin memenuhi syarat,” kata Harry seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (29/8/2017). “Fenomenanya memang belum ada. Tapi kalau ada awan jenuh di sekitar itu, dimungkinkan sekali terjadi turun hujan,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu kajian mendalam akan fenomena tersebut. “Yang menarik satu rumah, itu lokal sekali. Itu perlu penelitian lebih lanjut, dikaji lebih lanjut seperti apa, apakah itu proses alam atau apa?” kata dia.

Meski demikian, sekilas, kata Harry, hujan tersebut terjadi tak hanya satu rumah, tapi rumah lain juga terkena. “Kalau lihat videonya hujan itu bukan hanya satu rumah saja, dilihat dari jalan yang basah, ada rumah lain yang kena hujan juga, video tersebut tidak memutar secara keseluruhan ke langitnya seperti apa,” kata dia. (tom)