Puncak ibadah Haji, seluruh umat Muslim di seluruh dunia bakal merayakan Hari Raya Idul Adha. Momen ini biasanya diisi dengan ibadah Salat Idul Adha dan juga pemyembelihan hewan kurban. Selain itu, yang ditunggu saat Hari Raya Idul Adha ini adalah banyaknya masakan yang bisa kamu nikmati. Berikut adalah 5 kuliner khas Idul Adha yang bikin lidah bergoyang, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Rendang

Rendang (Amazingraze)

Karena Idul Adha identik dengan kambing, jelas makanannya juga harus ada daging sapi dan kambing, yaitu rendang. Dinobatkan sebagai makanan terenak sedunia, memang kelezatan dari rendang ini cocok dimakan saat Idul Adha, meskipun bisa juga disantap di luar momen Idul Adha.

2. Gulai

Gulai (Camemberu)

Gulai memiliki nama lain, yaitu Gule. Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Bedanya adalah di kuahnya, kuah gule lebih cair daripada gulai. Tetap saja kedua makanan itu enak dimakan, dan cocok disantap saat Idul Adha.

3. Kambing Oven

Kambing Oven (Buttonsoup)

Kalau kamu punya oven di rumah, maka kamu bisa memasak makanan ini. Bagian kambing yang dioven ini biasanya adalah bagian pahanya. Cara memasaknya juga cukup mudah. Oleskan bumbu pada permukaan kambing sampai rata. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 45 menit atau sampai matang. Tanda daging sudah matang yakni mudah ditusuk dengan garpu.

4. Sate

Sate ayam (Indoindians)

Selain rendang, sate juga dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Makanan ini bisa ditemui di mana saja, bahkan mungkin di sepanjang jalanan rumahmu ada saja yang berjualan sate. Kamu juga bisa menyantap makanan ini saat Idul Adha. Agar lebih variasi, kamu bisa menyediakan sate ayam dan sate kambing.

5. Sop Buntut

Sop Buntut (Makanmakan)

Jika ingin makanan segar saat Idul Adha, maka kamu bisa memakan sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran seperti wortel, kentang, tomat dan rempah-rempah. (tom)