Bisakah di Indonesia Turun Salju?


Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu kita berharap ada musim dingin di Indonesia, dimana cuaca tak lagi panas dan kita bisa melihat salju bertumpuk di depan rumah. Pertanyaannya, apakah mungkin di Indonesia yang merupakan negara tropis bisa turun salju?

Supaya salju bisa turun di suatu wilayah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dan umumnya, hanya daerah subtropis dan Kutub saja yang bisa memenuhinya. Hujan salju cuma bisa terbentuk saat uap air di langit sana membeku dan bergabung menjadi kristal salju. Supaya hal ini bisa terjadi, kita butuh udara yang lembab. Buat yang satu ini, Indonesia memang juaranya. Masalahnya, kita juga butuh suhu udara di bawah nol derajat Celsius. Memang ada daerah di Indonesia yang memiliki suhu udara di bawah nol derajat?

Meski tak memiliki suhu minus, namun ada satu daerah yang memiliki suhu dingin, yaitu Puncak Jayawijaya. Rupanya Indonesia menjadi negara tropis yang beruntung memiliki puncak bersalju selain 2 negara tropis lainnya.

Puncak Jayawijaya (Katalogwisata)

Di Pegunungan Jayawijaya, ada beberapa puncak yang tertutup lapisan salju. Hanya saja, lapisan ini ternyata bukan hasil dari hujan salju dalam waktu lama, tapi sisa-sisa dari Zaman Es ribuan tahun lalu. Lapisan es ini bisa terus bertahan karena saking dinginnya suhu di ketinggian Jayawijaya, meski tak sampai di bawah nol derajat. Dengan semakin panasnya suhu global, es Jayawijaya juga makin menyusut. Tanpa adanya hujan salju baru, lapisan es ini bisa saja lenyap tidak lama lagi.

Meski kemungkinan turun salju di Indonesia sangatlah kecil, kamu masih bisa melihat fenomena serupa, yaitu hujan es. Fenomena ini bahkan sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Kalau salju terbentuk dari pembekuan air dalam wujud gas, hujan es tercipta dari pembekuan air dalam bentuk cair. Hujan es sering terjadi saat peralihan musim, ketika sekumpulan udara lembab bergerak naik tepat dibawah lapisan udara kering, lalu terkena tiupan angin yang dingin dari wilayah gunung. Akhirnya, yang turun jadi bongkahan padat layaknya es batu dari kulkas kita.

Jika kamu masih berharap ada salju di Indonesia, memang masih ada kemungkinan salju ada di Indonesia, dengan catatan di dunia ini terjadi kekacauan iklim dan musim, seperti akibat jika Bulan suatu saat lenyap. Namun tentu saja hal itu bakal berimbas ke semua aspek, termasuk makanan pokok kita.

Jadi, kesimpulannya, salju tak akan turun di Indonesia kecuali ada kekacauan iklim dunia. Lebih baik kita terima saja apa yang sudah Tuhan berikan untuk kita, dan kita patut bersyukur karena kita lahir di negara tropis sehingga tak ada kasus kematian gara-gara kedinginan.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak