Para pecinta burung jelas sangat menyukai burung dengan suara yang unik, sehingga banyak perburuan liar yang membahayakan populasi burung yang ada di Indonesia. Saat ini, pemerintah telah melakukan perlindungan kepada banyak burung yang sudah terancam punah. Berikut adalah 5 burung asli Indonesia yang terancam punah dan wajib dilindungi, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Burung Kedasi atau Wiwik

Burung Wiwik (Omkicau)

Burung wiwik adalah salah satu jenis burung yang unik karena suaranya yang keras melenging dan cukup menyeramkan jika didengarkan ketika suasana sedang sepi. Burung ini menjadi salah satu burung unik asli Indonesia karena banyak orang percaya jika burung ini bisa menjadi pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal. Jika terdapat suara burung ini terdengar begitu keras di sebuah kebun di perkampungan maka dipercaya akan ada seseorang yang meninggal.

2. Burung Tokhtor Sumatera

Burung Tokhtor Sumatera (Orientalbirdimages)

Burung ini sangat unik karena lebih banyak hidup di permukaan tanah. Selain unik, burung ini juga menjadi salah satu burung asli Indonesia yang terancam punah. Burung ini memiliki bentuk seperti bebek namun memiliki warna yang berwarna warni dengan dominasi warna hijau. Ukuran burung ini bisa mencapai panjang hingga lebih dari setengah meter.

3. Burung cenderawasih

Burung Cenderawasih (Satujam)

Burung ini adalah burung asli Indonesia yang banyak ditemukan di wilayah Papua. Burung ini telah dinobatkan sebagai burung tercantik di dunia karena memiliki bulu yang sangat cantik dan juga unik. Keunikan burung ini ada pada bulunya yang penuh dengan warna serta memiliki pita panjang seperti tali atau antena di ekornya. Jumlahnya yang makin sedikit membuat pemerintah menjadikan hewan ini hewan yang dilindungi.

4. Burung Cililin

Burung Cililin (Alihamdan)

Burung Cililin adalah jenis burung yang bisa di jumpai di wilayah hutan Sumatera, Kalimatan, Jawa dan Sumbawa. Burung ini terbilang unik karena memiliki suara yang ngerol. Bentuk dari burung ini juga sangat cantik karena memiliki jambul yang tinggi seperti antena. Sebagai salah satu burung unik asli dari Indonesia, kita harus menjaga dan juga ikut melestarikan keberadaannya dan jangan sembarangan memburu burung jenis ini.

5. Burung Bidadari Halmahera

Burung Bidadari Halmahera (Tribunnews)

Burung endemik Maluku yang makin hari semakin langka ini dapat ditemukan di Pulau Halmahera dan Pulau Bacan di Maluku Utara. Burung yang dijuluki Si Genit dari Maluku Utara ini masih masuk dalam keluarga cendrawasih. Burung yang bernama latin Semioptera wallacii ini memiliki bulu indah dengan kombinasi warna cokelat, hijau dan warna zaitun untuk burung betina. Warna bulu burung jantan bahkan lebih cantik lagi, dengan mahkota berwarna ungu pucat mengkilap dan hijau zamrud menghiasi dadanya. (tom)