Apa tren wisata yang sedang digandrungi anak muda sekarang? Salah satu tren wisata yang sedang jadi hits dan sering diupload di berbagai sosial media adalah wisata hammock. Hammock adalah tempat tidur gantung yang terbuat dari bahan kain. Tak hanya bisa dijadikan sebagai tempat tidur, tapi hammock juga enak dijadikan tempat bersantai. Hammock biasanya bisa dijumpai di tempat perkemahan, tapi berhubung hammock telah menjadi tren, maka banyak tempat wisata yang menyediakan hammock untuk dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Buat JBers yang ingin bersantai di atas hammock sambil selfie, kamu bisa datang langsung ke lima spot wisata ini!

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (assets.kompas.com)

Kamu pasti sudah tahu Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Imogiri, Bantul. Kawasan ini memang dipenuhi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi serta gardu pandang untuk kamu menikmati suasana Yogyakarta dari kejauhan. Tapi ternyata tak hanya itu saja yang bisa kamu nikmati di Hutan Pinus Mangunan, ada hammock-hammock cantik yang bergantung di antara pepohonan pinus. Terdapat tiga hingga lima buah hammock yang dipasang di satu area sehingga terlihat sangat instagramable. Untuk dapat menikmati hammock di Hutan Pinus Mangunan, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000-20.000 saja.

2. Gunung Masigit

Hammock di Gunung Padalarang

Gunung Masigit adalah salah satu tempat wisata yang berada di Padalarang, Jawa Barat. Di sini kamu bisa menantang adrenalin dengan bersantai di hammock yang dipasang di antara dua tebing yang berada di ketinggian sekitar 100 meter. Untuk bisa sampai di tepat hammock, kamu harus merayap melewati tali panjang dari bibir tebing. Tentu saja hal ini membutuhkan fisik dan menyal yang kuat, tapi saat sudah sampai di hammock, kamu bisa menikmati indahnya kawasan Padalarang dari atas ketinggian.

3. Gunung Hawu

Hammock di Gunung Hawu (@charliesantz)

Masih di kawasan Padalarang, kamu bisa menikmati hammock di Gunung Hawu yang tepatnya berada di Desa Cidadap. Gunung Hawu memang dikenal sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ekstrim seperti panjat tebing, menyebrangi tebing, serta tiduran di hammock. Puncak tebing Gunung Lawu memiliki ketinggian yang jauh lebih tinggi dibandingkan Gunung Masigit. Jadi saat berada di puncaknya, kamu harus ekstra waspada ya JBers bebatuan tebingnya cukup curam. Banyak wisatawan yang menganggap puncak  Gunung Lawu mirip dengan Natural Bridge di Virginia.

4. Kalisuci

Hammock di Kalisuci (pinimg.com)

Kalisuci merupakan spot wisata cave tubing yang berada di Desa Pacarejo, Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat ini sekarang tak hanya menyediakan wisata cave tubing yang sangat seru diikuti dengan teman-teman, tapi juga ada spot hammock yang di pasang di antara dua tebing Kalisuci dengan sungai mengalir di bawahnya. Sungai yang ada di sini memiliki warna biru yang sangat jernih sehingga bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa stress kamu. Ada beberapa spot hammock yang bisa kamu coba. Di setiap spotnya terdapat dua hingga tiga buah hammock.

5. Tahura Djuanda

Hammock di Tahura Djuanda (destinasianews.com)

Tahura Djuanda merupakan kawasan wisata hutan pinus yang berada di Dago Pakar, Bandung. Di sini, hammock dipasang bersusun di antara pohon-pohon pinus dengan ketinggian mulai dari dua hingga lima belas meter. Kamu bisa memilih hammock dengan ketinggian yang kamu sukai dengan cukup membayar tiket seharga Rp 20.000 saja. Untuk mencapai hammock paling tinggi, kamu harus memanjat dengan seutas tali. Tapi kamu tenang saja karena badanmu akan dilengkapi dengan tali pengaman juga.

 

Dari kelima spot hammock di atas, kira-kira kamu ingin datang dan mencoba yang mana? (jow)