Dengan keindahan alam yang luas dan warisan budaya yang dimiliki Indonesia, banyak orang yang justru terkagum-kagum pada Tanah Air kita ini. Ragamnya budaya ini menjadikan negara kita memiliki banyak festival, baik itu festival tradisional, maupun modern. Berikut ini adalah 5 festival terbaik yang ada di Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Java Soulnation Festival

Java Soulnation Festival (Bandungsearch)

Java Soulnation Festival ini didedikasikan untuk genre musik soul, hip-hop, R&B dan rap. Java Soulnation Festival adalah sebuah acara populer yang menyajikan konser musik paling menarik dari Indonesia dan luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan industri pariwisata dan musik Indonesia juga mendorong kerjasama lintas-budaya.

2. Sanur Village Festival

Sanur Village Festival (Balifreeinformation)

Sanur Village Festival atau Festival Desa Sanur didirikan pertama kali pada tahun 2005. Tahun 2013, Sanur Village Festival ini memiliki tema judul “The New Spirit of Heritage”. Menjelajahi jiwa seni Bali dan budaya, festival ini memiliki beraneka ragam program yang mencakup makanan, baik tradisional atau modern, pentas panggung, olahraga, demonstrasi memasak dan pameran, serta kegiatan-kegiatan lingkungan.

3. Simfoni Untuk Bangsa

Simfoni Untuk Bangsa (Liputan6)

Simfoni Untuk Bangsa bertujuan untuk mengeksplorasi tentang kebanggaan nasionalisme melalui musik. Dimeriahkan oleh para musisi seperti Farman Purnama, Christine Tambunan, Edith Widayani dan penyanyi Madrigal Batavia, sementara komposisi mencakup karya Beethoven dan komposer Indonesia. Perpaduan lagu klasik, lagu-lagu nasional dan lagu-lagu rakyat menjadikan Simfoni Untuk Bangsa dapat mempengaruhi wawasan musik Indonesia.

4. Balinese Film Festival

Balinese Film Festival (Okezone)

Didirikan pada tahun 2007 sebagai sebuah organisasi amal nirlaba dan non-pemerintah, Balinale Film Festival menjadi acara yang diakui dunia karena menyediakan platform bagi para pembuat film Indonesia untuk menjangkau khalayak global, mengembangkan hubungan antara praktisi, organisasi dan penonton. Tidak hanya pemutaran film-film Indonesia dan internasional, festival ini juga memfasilitasi seminar, lokakarya gratis, dan memiliki penghargaan Oscar, Emmy, BAFTA dan Cannes untuk pemenang pembuat film yang terlibat dalam program ini.

5. Ubud Writers & Readers Festival

Ubud Writers & Readers Festival (Wideworldseeker)

Ubud Writers & Readers Festival mengumpulkan yang terbaik dari Indonesia, Asia Tenggara untuk peluncuran buku, pemutaran film, workshop dan kegiatan budaya lainnya. Festival ini menjelajahi semua genre buku dari perjalanan, puisi, komedi dan novel grafis. Bagi kamu penggemar sastra, wajib banget dateng ke festival ini. (tom)