Bulan September kerap diidentikkan dengan keceriaan dan kebahagiaan. Selain itu, bulan September pun memiliki beberapa fakta-fakta unik yang jarang kita ketahui karena banyak kejadian-kejadian penting dan hal-hal tak terduga terjadi di dalamnya. Apa saja? Berikut adalah 5 fakta unik bulan September, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Angka sembilan

Angka sembilan (YouTube)

Seperti yang kita tahu, bulan September adalah bulan kesembilan dari total 12 bulan selama 1 tahun. Uniknya, ternyata huruf-huruf dalam bulan September pun berjumlah sembilan. Tidak ada bulan selain September yang jumlah huruf dan urutan bulan yang memiliki jumlah yang sama.

2. Bulan September pernah hanya 19 hari

Ilustrasi kalender (Balbriggancommunitycollege)

Pada tahun 1752, sebelum berlaku perubahan sistem kalender Gregorian dari kalender Julian, di Inggris, bulan September hanya berlangsung selama 19 hari. Pada masa transisi tersebut, dari tanggal 3 hingga 13 di bulan September dihapus karena untuk menyesuaikan musim yang sedang terjadi. Jadi, di bulan September, jumlah harinya dipangkas menjadi hanya 19 hari.

3. Awal musim gugur sekaligus musim semi

Musim semi di Jepang (Gate-jp)

Musim di negara-negara belahan bumi bagian Utara dan Selatan memang kerap berganti-ganti. Walaupun sama-sama memiliki 4 musim, namun waktu-waktu musim di kedua belahan bumi tersebut tentu saja berbeda. Pada bulan September, awal musim gugur terjadi di bagian utara Bumi, sementara awal musim semi terjadi di bagian selatan belahan Bumi.

4. September tak ada dalam karya Shakespeare

Shakespeare (Laroutedeslangues)

Bagi pecinta karya-karya Shakespeare, jika dicermati lebih dalam, kata “September” ternyata memang tidak pernah disebutkan dalam drama karangannya. Berbeda dengan bulan-bulan lain yang kerap disebutkannya dengan jelas, bulan September memang satu-satunya bulan yang tak pernah disinggung oleh seniman yang terkenal dengan kisah Romeo dan Juliet-nya ini.

5. Hari terakhir bulan September

Kalender September 2017 (Kochiefrog)

Boleh dibuktikan kebenarannya, hari terakhir bulan September di setiap tahunnya selalu jatuh pada hari yang berbeda dalam waktu seminggu dari hari terakhir bulan yang lainnya. Agak membingungkan memang, namun hal tersebut merupakan salah satu fakta tak terduga dari bulan September. (tom)