Siapa bilang pesawat buatan Indonesia tak bisa mengalahkan pesawat buatan negara lain? Buktinya, pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bisa mendunia. Pesawat-pesawat itu laris dipesan negara-negara di Asia, seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, hingga Senegal di Afrika.

Pesawat apa saja yang laris dibeli di negara-negara Asia dan Afrika tersebut? Berikut ini kelima pesawatnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Pesawat CN235

CN235 yang dibeli Korea Selatan untuk armada Korean Coast Guard. (Dok. PTDI)

Pesawat yang satu ini dibeli oleh negara Korea Selatan, yang bakal digunakan untuk armada Korean Coast Guard, atau unit pengamanan pantai Korea Selatan.

2. Pesawat CN235

Pesawat CN235 yang dibeli Thailand untuk armada Royal Thai Police. (Dok. PTDI)

Beda lagi dengan pesawat yang satu ini. Pesawat ini dibeli oleh negara Thailand, yang digunakan untuk armada Royal Thai Police, atau Kepolisian Kerajaan Thailand. Digunakan untuk militer, tentunya pesawat yang dipakai tidak sembarangan, dan mereka memilih pesawat Indonesia karena percaya dengan ketangguhan pesawat buatan negara kita.

3. Pesawat NC212-400

Pesawat NC212-400 yang dibeli Kementerian Pertanian Thailand. (Dok. PTDI)

Masih dari negara Thailand, tampaknya Thailand sudah mempercayakan kebutuhan pesawatnya dari negara kita. Pesawat ini sendiri dipesan oleh Kementerian Pertanian Thailand untuk keperluan agrikultural, yaitu untuk memberikan hujan buatan pertanian mereka.

4. Pesawat CN235-220M Multi Purpose

Pesawat CN235- 220M Multi Purpose yang dibeli Senegal untuk armada Angkatan Udara. (Dok. PTDI)
Senegal memesan lagi CN235-220M Multi Purpose untuk Armada Angkatan Udara. (Dok. PTDI)

Kali ini kita beralih ke negara di Afrika, yaitu Senegal. Senegal secara khusus memesan pesawat CN235- 220M Multi Purpose untuk digunakan dalam armada Angkatan Udara Senegal. Pesawat ini memiliki konfigurasi yang dapat diubah dengan cepat (quick change configurations) seperti paratroop, medical evacuation, VIP transport dan passanger transport sehingga mampu menjawab kebutuhan di negara-negara Asia dan Afrika.

5. Pesawat NC212i

Pesawat NC212i yang dibeli Filipina untuk armada Angkatan Udara. (Dok. PTDI)

Kembali lagi ke negara Asia, tepatnya Filipina. Filipina memesan pesawat ini yang digunakan untuk armada Angkatan Udara mereka. Berkapasitas 28 penumpang, pesawat ini dilengkapi ramp door, kabin yang luas di kelasnya, sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern. (tom)