Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikenal kaya akan keanekaragaman hayati dan biota laut. Tak heran jika wisata alam, terutama wisata baharinya lebih maju dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keindahan bawah laut Indonesia memang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Salah satu kegemaran para turis asing saat mengunjungi wisata laut Indonesia adalah melakukan diving ke berbagai tempat untuk dapat menikmati pesona bawah laut serta aneka biota laut yang sangat cantik. Ada lima tempat diving kece di Indonesia yang ternyata paling banyak diburu turis asing, yaitu:

1. Bunaken

Diving di Bunaken (cruise-indonesia.com)

Bunaken adalah tempat diving yang paling banyak diminati turis asing. Bunaken merupakan taman laut yang terletak di kota Manado, Sulawesi Utara. Di sini ada sekitar 20 titik spot diving yang bisa kamu coba. Dengan area seluas 75.265 hektar, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis biota laut dengan 91 jenis ikan dan 13 jenis terumbu karang yang memiliki kedalaman mulai dari 25 hingga 30 meter. Taman Laut Bunaken memiliki biodiversitas yang masuk dalam salah satu tertinggi di dunia. Buat kamu yang ingin mencoba diving di sini, waktu terbaik adalah sekitar bulan Mei hingga Agustus karena arus lebih bersahabat.

2. Raja Ampat

Diving di Raja Ampat (captureindonesia.com)

Kepopuleran Raja Ampat sebagai destinasi wisata Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Kepulauan cantik yang berada di Papua Barat ini bahkan sudah didaulat menjadi tempat diving terbaik di dunia karena Raja Ampat memiliki konstrasi kehidupan laut terbesat di dunia dengan 75% jenis spesies karang. Selain itu ada sekitar 1500 spesies keanekaragaman hayati berupa ikan, kura-kura, hiu, dan pari manta yang bisa kamu temukan di sini. Tapi tentunya untuk dapat menikmati diving di Raja Ampat, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam karena biayanya mencapai jutaan rupiah.

3. Wakatobi

Diving di Wakatobi (kesiniaja.com)

Wakatobi merupakan pulau yang terletak di Sulawesi Selatan. Sejak tahun 1996, Wakatobi dinobatkan menjadi salah satu Taman Nasional. Tak hanya itu saja, The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) juga telah menetapkan Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia. Kawasan ini memiliki sekitar 40 lokasi penyelaman terbaik sehingga banyak diburu pecinta diving. Kedalaman lautnya sangat bervariasi dengan jarak pandang 15-80 meter. Ada sekitar 750 jenis koral dan 850 spesies biota laut yang membuat pemandangan bawah laut Wakatobi menjadi sangat indah dan cantik. Waktu terbaik untuk mengunjungi Wakatobi adalah pada saat bulan November karena pada bulan tersebut air laut sedang hangat sehingga banyak didatangi ikan-ikan laut yang langka.

4. Karimunjawa

Diving di Karimunjawa (www.travelagent.co.id)

Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan yang terletak di Laut Jawa. Tercatat ada 27 buah pulau dengan 5 pulau saja yang berpenghuni. Pada tahun 2001, kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional karena kekayaan bawah lautnya yang sangat indah. Terdapat sekitar 90 jenis karang serta 300-an lebih ikan dengan warna-warni yang sangat memukau. Buat kamu yang ingin mencoba diving di sini, terdapat sekitar 30 lokasi penyelaman yang bisa kamu coba dengan kedalaman mulai dari 5-40 meter.

5. Derawan

Diving di Derawan (dolandolen.com)

Terakhir ada Derawan yang merupakan gugusan kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini terdiri dari 31 buah pulau yang semuanya menjadi spot diving pilihan karena memiliki air yang berwarna biru jernih sehingga kehidupan bawah lautnya bisa dengan jelas terlihat. Ada sekitar 28 spot menyelam terbaik yang bisa kamu pilih di Derawan dengan 460 jenis terumbu karang dan 870 jenis ikan dengan spesies yang berbeda. Kamu juga bisa melihat empat jenis ubur-ubur yang tidak menyengat di sini.

Jadi, apa kamu sudah siap untuk mencoba diving di salah satu tempat di atas? Jangan lupa untuk menyiapkan dan membawa diving license kamu ya! (jow)