Kalau bicara tentang tempat wisata di Garut, Jawa Barat, destinasi yang paling kamu ingat tentu Gunung Papandayan atau Kawasan Cipanas. Padahal, masih banyak spot menyenangkan lain yang bisa kamu temukan di kota yang terkenal dengan kuliner dodolnya ini, seperti misalnya wisata air terjun atau curug. Nah, berikut ini ada beberapa wisata curug yang bisa kamu kunjungi di Garut. Tentunya tempat-tempat ini cocok dijadikan latar foto Instagram kamu.

1. Curug Ciharus

Curug Ciharus juga dikenal dengan nama Curug Dano. Lokasinya berada di Desa Dano, Leles. Kamu yang suka dengan jenis wisata petualangan tentu harus mendatangi tempat ini. Kegiatan trekking dan berkemah bisa kamu lakukan ketika berada di sana.

2. Curug Rahong

Nuansa alam yang ada di sini pasti sukses bikin hati dan pikiran kamu terasa teduh. Segala penat yang kamu rasakan akan hilang seketika saat menjumpai eksotisnya lanskap alam yang ada di sini. Selain main air, jangan lupa abadikan momen kamu selama berada di air terjun cantik ini. Sebab, banyak spot Instagrammable yang bisa kamu temui di sini.

3. Curug Orok

Selain tumbuhan paku, Curug Orok ini dikelilingi oleh deretan pohon pinus yang rindang. Jadi sudah terbayang bagaimana segarnya udara yang ada di air terjun ini. Pemandangan bertambah indah dengan hadirnya grojokan yang debit airnya tak begitu deras serta kolam jernih.

4. Curug Jaga Pati

Terdapat tiga tingkatan air terjun di Curug Jaga Pati ini. Kehadiran tebing bebatuan raksasa serta pohon paku yang lebat membuat pemandangan yang ada di sana terlihat semakin asri dan alami. Kondisi air yang jernih pasti membuat kamu merasa tak sabar untuk menceburkan diri kamu dan bermain di sana.

5. Curug Sanghyang Taraje

Sanghyang Taraje lokasinya berada di Desa Cibuluh, Cikajang, Jatiwangi, Pakenjen. Bisa dibilang kalau air terjun ini jadi yang paling terkenal di Kota Dodol. Masyarakat setempat percaya kalau Curug Sanghyang Taraje ini adalah tangga yang digunakan Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit untuk kekasihnya Dayang Sumbi. (tom)