Zaman sekarang, sepertinya vlogging lebih populer dibandingkan dengan blogging. Karena itu, banyak channel YouTube berlomba-lomba untuk membuat konten yang bagus dengan harapan banyak ditonton. Tentu saja, untuk bisa membuat konten yang bagus, harus mengerti dasar-dasar bikin video cinematic.

Buat kamu yang ingin belajar tentang perfilman, namun bingung mau belajar ke mana, tak perlu khawatir, karena YouTube sudah menyediakan segala kebutuhan buat kamu yang mau mempelajarinya. Berikut adalah 5 channel YouTube Indonesia terbaik untuk belajar perfilman, seperti dilansir dari JalanTikuscom, Kamis (7/9/2017).

1. Daunnet Films – Anjas Maradita

Anjas Maradita atau dikenal dengan channel Daunnet Films akan memberikan kamu tutorial mudah untuk belajar editing video menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2015 dan Adobe After Effects CC 2015. Pada channelnya pun dia juga sempat berkolaborasi dengan YouTuber lain seperti Cindy Gulla, Kaesang dan Duo Harbatah.

2. Mas Gun (Goenrock)

Anggun Adi Prasetya atau lebih dikenal dengan panggilan Goenrock atau Mas Gun adalah seorang videografer profesional yang menyajikan konten video tutorial mendasar membuat film dalam bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti. Kamu nggak perlu meragukan keahliannya, salah satu Mas Gun adalah video klip lagu “Dia” dan “Bidadari Tak Bersayap” yang dinyanyikan oleh Anji.

3. Agung Hapsah dan eevnxx

Lalu ada channel Agung Hapsah dan eevnxx. Pada channel Agung Hapsah kamu akan menemukan tutorial mengatur setting kamera untuk profesional dan dasar editing pada software Adobe Premiere dan After Effetcs. Sementara itu channel eevnxx menyajikan tutorial lebih profesional dengan pembawaan yang lebih keren dan cinematic.

4. Tara Arts Movie

Tara Arts Movie yang digawangi oleh YouTuber Gaming, Tara dan Gema bersama rekan-rekannya. Jika kamu memerlukan tutorial editing video dengan teknik Computer Generated Imagery (CGI), Tara Arts Movie bisa jadi pilihan. Salah satu karya yang paling fenomenal dari channel ini adalah “REAL LIFE Pokemon GO” yang bahkan menembus hingga 15 juta views.

5. Narasena

Terakhir ada Narasena Imam pada channel Narasena. Pada channel YouTube ini selain kamu menemukan tutorial membuat film, kamu juga bakal disuguhkan beberapa karya film pendek dan video unboxing serta review kamera seperti Canon EOS M6 dan Sony A7s Mark II. Narasena juga pernah berkolaborasi dengan Mas Gun pada videonya. (tom)