Selain seru menonton bola di layar televisi, penonton dan pendukung sepak bola di Indonesia juga seringkali dihibur dengan kekhasan komentator sepak bola yang suka mengeluarkan celetukan lucu dan jenaka. Berikut ini celetukan mereka beserta artinya, seperti dilansir dari HAI, Kamis (77/9/2017).

1. Jebret

Ilustrasi shooting (Fourfourtwo)

Jebret adalah istilah yang digunakan oleh para komentator ketika melihat seorang pemain sepak bola Indonesia menendang kencang ke arah gawang.

2. Tendangan LDR

Ilustrasi tendangan jarak jauh (Sportsbliz)

Kita tahu kalau LDR itu adalah Long Distance Relationship yang menjadi sebutan untuk para pasangan yang menjalin kisah cinta jarak jauh. Namun, kata-kata LDR sering digunakan dalam komentar sepakbola yang menandakan adanya pesepakbola yang menendang dari jarak jauh.

3. Umpannya terlalu tega

Umpan (Masyadi)

Biasanya, kalimat “Umpannya Terlalu Tega” keluar dari mulut komentator kalau ia melihat seorang pemain bola memberikan bola umpan yang terlalu deras sehingga menyusahkan rekan setimnya yang hendak menerima bola umpan itu.

4. Kelok 9

Egy Maulana Vikri (Genmuda)

Kelok 9 adalah ruas jalan berkelok yang terletak di 30 km sebelah timur Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Jalannya berkelok-kelok, bikin pusing para pengendaranya. Namun dalam sepakbola, Kelok 9 adalah julukan yang diberikan pada pemain Timnas Indonesia u-19 yang sedang bersinar sekarang, Egy Maulana Vikri. Dia diberi julukan Egy Messi Kelok 9.

5. Umpan Manja

Ilustrasi terima bola (Skysports)

Umpan manja adalah sebutan untuk bola-bola umpan yang sangat enak diterima oleh rekan setimnya sehingga bisa menciptakan gol ke gawang lawan. (tom)