5 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak Sedunia, Salah Satunya dari Indonesia


Bagi kebanyakan orang, punya satu, dua, atau yang lebih jarang tiga gelar adalah perjuangan berat, karena mengejar gelar banyak mengorbankan banyak waktu, uang, dan kerja keras. Namun beda halnya dengan orang-orang ini, yang sukses meraih gelar akademik terbanyak. Tak tanggung-tanggung, ada yang gelarnya melebihi 100 gelar! Siapa saja mereka? Berikut kelima orangnya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Ashoka J. Prasad Jr

Ashoka J. Prasad Jr (TimeSpiders)

Ashoka J. Prasad Jr adalah pemimpin bidang medis di negaranya. Dia memajukan bidang kedokteran anak (pediatri) dan perawatan pasca-melahirkan untuk rakyat India. Ia juga menjadi pengajar di Columbia, U Penn, Harvard, Yale, dan Cambridge. Meski mengajar dan berkarir di bidang kesehatan, ia punya 19 gelar dalam berbagai bidang. Termasuk MA bidang antropologi dari Cambridge, MRC dalam psikiatri dari University of Edinburgh, juga gelar lain di geografi, sejarah, matematika, dan kedokteran penerbangan.

2. Michael Nicholson

Michael Nicholson (ABCNews)

Michael Nicholson telah mengumpulkan gelar sarjana sejak 1963, dan ia belum berencana untuk berhenti. Pria 67 tahun itu memanfaatkan diskon uang kuliah yang ia dan istrinya dapatkan sebagai pegawai di Western Michigan University. Sepanjang hidupnya, ia memiliki 27 gelar berbeda, termasuk 2 gelar associate, 19 master, 3 spesialis, dan 1 PhD atau doktor. Nicholson mengaku, tidak mengejar gelar untuk meningkatkan karirnya. Ia hanya suka belajar dan mempelajari banyak bidang.

3. Welin Kusuma

Welin Kusuma (Facebook)

Welin Kusuma adalah pria asal Makassar, Indonesia, yang sukses meraih 29 gelar akademik hingga saat ini. Pada April 2012 lalu, Welin mendapatkan rekor MURI sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak. Kala itu Welin masih berusia 31 tahun, dia meraih 8 gelar S1, 3 gelar S2, 7 gelar profesional, totalnya 18 gelar multidisiplin. Kini gelarnya sudah bertambah, dan bisa jadi dia bakal menerima rekor MURI lagi.

4. Hardial Singh Sainbhy

Hardial Singh Sainbhy (YouTube)

Dengan mengantongi 35 gelar, Dr Sainbhy menjadi salah satu orang dengan gelar akademik terbanyak di muka Bumi. Mahasiswa super asal India itu punya gelar dari berbagai bidang. Ia punya 15 gelar master, 5 gelar diploma pascasarjana, dan sarjana hukum, sertifikat AMIE dan AMSIE, juga sejumlah gelar sarjana. Hardial Singh Sainbhy menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang kuliah. Ia punya tekad menambah gelarnya itu selama tubuh dan otaknya masih mampu kuliah.

5. VN Parthiban

Profesor VN Parthiban (Twitter)

Ini dia manusia dengan gelar paling banyak di muka bumi. Tak tanggung-tanggung, pria asal Chennai, India ini memiliki lebih dari 100 gelar, tepatnya 145 gelar. Gelar-gelar itu dikumpulkannya selama rentang waktu 30 tahun. Sepanjang hidupnya, Profesor Parthiban menyibukkan diri mendaftar program studi yang berbeda. Saking banyaknya, sehingga pengawas ujian akan mengenali wajahnya setiap kali dia muncul mengerjakan ujian. Profesor Parthiban juga menambahkan bahwa kuliah yang ditempuhnya tidak selalu berjalan dengan mudah. Dan ‘kegagalan’ itu yang mendorongnya tetap bersemangat mengumpulkan gelar akademik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak