Musim kemarau seperti sekarang ini jelas membuat suasana rumah jadi gerah dan tak nyaman. Bagi kamu yang punya AC di rumah tentu hal ini tak menjadi masalah. Namun bagaimana dengan orang yang rumahnya tak memiliki AC? Rupanya, masih ada cara supaya rumah kamu seuk meski tanpa AC. Berikut ini caranya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Lepas kabel alat elektronik saat tidak dipakai

Ilustrasi cabut kabel listrik (Financialavenue)

Alat elektronik mengeluarkan suhu panas, apalagi TV dan komputer. Jangan lupa juga untuk mencabut charger smartphone kamu dari stop kontak. Karena ini masih mengaliri listrik dan memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

2. Matikan lampu

Petromaks (Negativespace)

Semua lampu mengeluarkan panas, bahkan lampu yang punya teknologi LED sekalipun. Jadi matikan lampu saat tidak digunakan, seperti saat siang hari. Ganti juga semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan. Selain bikin sejuk, kamu juga bisa hemat biaya listrik.

3. Membuat AC dari kipas angin

Ruang tengah dengan kipas angin (Waynehomedecor)

Kamu bisa membuat AC sendiri hanya dengan menggunakan kipas angin. Caranya simpan semangkuk air es di depannya agar butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan jadi sejuk.

4. Minimalkan cahaya matahari masuk rumah

Tutup korden (Pxhere)

Kamu bisa menutup jendela dengan tirai atau pasang kaca film sebagai filter cahaya, agar mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Cara klasik ini masih terbilang ampuh untuk membuat rumah sejuk tanpa AC.

5. Jaga sirkulasi udara

Sirkulasi udara dalam rumah (Tropishijau)

Simpan interior yang tepat agar tak mengganggu sirkulasi udara. Misalnya, simpan tanaman indoor dekat alat elektronik agar membantu menyerap zat berbahaya di sekitarnya. (tom)