Tim nasional U-19 Indonesia menang besar saat melawan Filipina dalam laga penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Myanmar, Kamis kemarin. Garuda Nusantara bermain sangat impresif sehingga melibas lawan dengan skor mencolok 9-0. Di balik kemenangan telak ini ternyata banyak beberapa fakta menarik yang perlu kita ketahui. Berikut ini fakta-faktanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kemenangan terbesar kedua atas Filipina

Kemenangan Indonesia atas Filipina tahun 2009 (Wikipedia)

Membanjiri gol ke gawang Filipina bukan yang pertama kalinya untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya, timnas senior pernah menggulung Pinoy dengan skor lebih telak, yaitu 13-1 di ajang Piala AFF tahun 2002. Terlihat Bambang Pamungkas mencetak 4 gol dalam pertandingan tersebut.

2. Kekalahan terbesar Filipina dalam ajang Piala AFF U-18

Muhammad Iqbal berusaha melepaskan tembakan ke gawang Filipina (Aseanfootball)

Ternyata, kekalahan sembilan gol dari Indonesia menjadi yang terbesar bagi Filipina sepanjang gelaran Piala AFF U-18. Sejatinya, Filipina termasuk tim paling lemah dalam ajang ini. Dari catatan pertandingan, mereka beberapa kali mengalami kekalahan besar pada event dua tahunan tersebut, tetapi ini menjadi yang paling telak.

3. Hat-trick perdana

Timnas Indonesia U-18 (PSSI)

Tiga gol yang berhasil disarangkan ke gawang Quincy Kammeraad merupakan hat-trick perdana bagi Feby Eka Putra. Walaupun berhasil mencetak 3 gol, namun pencetak gol terbanyak bagi Indonesia di turnamen ini masih dipegang Egy Maulana Vikri dengan torehan 4 gol.

4. Banjir dukungan di media sosial

Dukungan Indonesia untuk Quincy (Instagram)

Meski kebobolan banyak, Quincy Kammeraad juga banjir pujian dari netizen Indonesia setelah ia tertangkap kamera menangis akibat terkena kartu merah dari wasit. Alhasil akun instagram pribadinya @quincykammeraad diguyur hampir 50 ribu komentar yang sebagian besar diisi oleh orang-orang Indonesia. Tak hanya itu, jumlah follower pemuda blasteran Jerman ini pun ikut melonjak dengan pesat.

5. Ucapan selamat dari Presiden

Ucapan selamat Presiden Jokowi (Twitter)

Kemenangan telak ini pun sempat menjadi perhatian Presiden Indonesia saat ini Bapak Joko Widodo. Lewat akun twitter pribadinya ayah dari Kaesang Pangarep ini memberikan ucapan selamat atas kemenangan yang diraih timnas U-18. (tom)