Tanda Orang yang Berbohong (www.brisbanespecialistsuites.com.au)

Kamu pernah dibohongi oleh seseorang? Berbohong adalah salah satu sifat buruk yang paling banyak dilakukan manusia. Ada banyak sekali alasan orang berbohong, baik itu karena menutup suatu hal, berbohong karena melakukan kesalahan, hingga berbohong demi kebaikan atau yang lebih dikenal dengan nama kebohongan putih atau white lies. Orang yang sudah terlalu sering berbohong akan menjadi lebih lihai sehingga susah untuk diketahui atau dikenali kebohongannya. Tapi tenang saja JBers, ada lima tanda yang bisa kamu cermati agar kamu tak mudah dibohongi oleh orang, yaitu:

1. Menggaruk Bagian Belakang Leher dan Kepala

Menggaruk Bagian Belakang Leher Saat Berbohong (www.hypnosisunlocked.com)

Meski seseorang sudah sering berbohong, tapi tubuh dan otak terkadang tidak sejalan. Otak selalu menyuruh untuk bersikap setenang mungkin agar kebohongan tidak akan ketahuan, tapi tetap saja tubuh terkadang tidak mengikuti apa kemauan otak. Secara tidak sadar, orang tersebut akan menggaruk bagian belakang leher atau kepala. Hal ini menunjukkan kalau mereka merasa sedang resah dan ragu sampai sejauh mana dirinya bisa berbohong pada orang yang ada dihadapannya.

2. Selalu Menyentuh Wajah

Menyentuh Wajah Saat Berbohong (popsugar-assets.co)

Ketika seseorang sedang berbohong, mereka akan sering menyentuh wajah dengan menggunakan tangan atau jari telunjuk, baik itu menyentuh ujung hidung, dagu, hingga mulut. Ini menandakan kalau mereka sedang berusaha untuk berpikir sebaiknya menggunakan penyampaian yang seperti apa agar kebohongan mereka tidak mudah terbongkar atau diketahui. Secara tidak langsung tanda ini menjadi sinyal kalau mereka sedang berusaha membohongi orang.

3. Mengalihkan Pandangan

Mengalihkan Pandangan Saat Bervicara (www.aconsciousrethink.com)

Pernah dengar istilah ‘dari mata turun ke hati’. Mata memang bisa mengatakan segala hal kepadamu karena mata menjadi cermin dari diri seseorang. Bukan tanpa alasan akalu mata bisa menghipnotis seseorang. Saat orang berbohong, coba pandang langsung matanya. Jika dia tetap melihat pada matamu, maka dia tidak berbohong. Tapi jika dia tidak bisa menatap matamu secara langsung, sudah pasti ada yang disembunyikan dari dirinya. Orang yang berbohong cenderung mengalihkan pandangannya pada objek lain selain orang yang berbicara langsung dengan dirinya. Hal ini dilakukan agar dia tidak mudah kedapatan berbohong.

4. Senyuman yang Terpaksa

Senyuman yang Dipaksakan (picdn.net)

Tak hanya mata, tapi senyuman seseorang juga bisa menunjukkan siapa dirinya sebenarnya. Orang cenderung lebih jarang tersenyum saat mereka sedang berbohong karena mereka sedang berusaha sebisa mungkin untuk mengontrol ekspresi wajah agar tidak ketahuan berbohong. Jika seseorang itu terpaksa tersenyum, maka senyuman mereka pasti lebih cepat alias tidak bisa bertahan lama. Kamu tentunya bisa membedakan mana senyuman palsu dan senyuman tulus yang diberikan oleh seseorang.

5. Sering Menarik Kerah Baju

Melonggarkan Kerah Baju (propercloth.com)

Tanda yang terakhir adalah seringnya orang tersebut membenarkan kerah baju dengan cara menarik-narik kerah baju atau kemeja yang sedang dikenakan. Alasannya adalah karena saat mereka berbohong, kelenjar keringat akan berproduksi lebih banyak akibat adanya tekanan mental sehingga membuat bagian leher yang jadi lebih gerah dan sensitif. Mereka akan merasa tidak nyaman dan mulai gelisah untuk menjaga kebohongan yang telah mereka ciptakan sendiri.

Dari kelima tanda-tanda di atas, apa kamu pernah melihat salah satunya pada orang terdekatmu saat mereka sedang berbicara dengan kamu? (jow)