Dalam beberapa pekan terakhir, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI terus promosikan video “The Journey to A Wonderful Indonesia”, agar menjadi video favorit di ajang dunia. Usaha tersebut membuahkan hasil, karena pada tanggal 15 September lalu, Kemenpar beritakan kemenangan video tersebut.

Hebatnya, video ini menang dalam dua kategori sekaligus, yaitu kategori┬áVideo Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori┬áPeople’s Choice Award! Kemenangan yang diraih dalam UNWTO Tourism Video Competition ini, diperoleh Indonesia setelah menyisihkan 63 video dari berbagai negara di dunia.

Menteri Arief Yahya menerima penghargaan di UNWTO 2017 (Kemenpar)

Penghargaan untuk kedua kategori diberikan pada acara 22nd UNWTO General Assembly di Chengdu, Tiongkok. Sesuai judulnya, video ini menampilkan keindahan pariwisata Indonesia. Adapun lokasi wisata yang ditambilkan adalah Yogyakarta, Bali, Jakarta, Lombok, Toraja, Raja Ampat dan Wakatobi. Lagu “What A Wonderful World” yang dipopulerkan Louis Armstrong mengiringi video berdurasi 3 menit tersebut.

Dilansir dari Liputan6com, Senin (18/9/2017), Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut 3 hal yang membuat video ini menjadi sangat fantastik dan mendunia.┬áPertama, jelas dia, destinasi yg dishoot betul-betul keren dan world class. Danau Toba, Jakarta, Banyuwangi, Lombok, Makassar, Wakatobi, dan Raja Ampat. “Nah, di tempat-tempat itu bisa diviralkan, dimana lokasi pengambilan gambarnya,” ucap Menpar Arief Yahya.

Kedua, teknik pembuatan video itu juga punya level kesulitan tinggi. Misalnya saat free dive, action di kedalaman 4-5 meter, tanpa alat selam. Hal ini lumayan sulit dilakukan. Kemudian di teknik pengambilan gambar, sulit mengikuti obek dari bawah kedalaman, harus tahan napas panjang, harus ada gerakan ke bawah, memutar, dan timingnya harus pas. Khusus di adegan ini pula sering diulang dalam video.

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya berfoto bersama awak kementerian setelah menerima penghargaan dalam UNWTO Video Competition 2017 (Kemenpar)

Ketiga, memasukkan soundtrack “What A Wonderful World” oleh Louis Armstrong itu juga pas. Pas dengan ilustrasi gambar, pas dengan brand Wonderful Indonesia, pas menggambarkan antara fakta yang “Wonderful” dan visual yang “Wonderful”. “Lagu itu sudah sangat mendunia, dan semua orang yg mendengarnya tanpa sadar ikut bersenandung,” katanya.

“Kualitas media gambarnya sangat istimewa, detail, high resolution, keren. Impact bawah sadar orang yang menyaksikan melihat video ini, ada 2 reaksi, pertama tanpa sadar menyebut suara “waaaw”. Kedua, mengikuti alunan lagu What a Wonderful World,” tambahnya.

Selamat untuk Indonesia! Berikut ini kamu bisa tonton videonya.

(tom)