Mendengar kata museum, mungkin kamu bakal berpikiran museum adalah tempat yang dipenuhi dengan barang-barang berdebu, dan bangunannya terkesan kuno. Namun, anggapan itu dipatahkan dengan kehadiran 5 museum berikut ini, yang kekinian dan Instagrammable banget. Di mana saja? Berikut kelimanya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Museum Kata Andrea Hirata, Belitung

Museum Kata Andrea Hirata (Hipwee)

Seiring dengan popularitas film “Laskar Pelangi”, Andrea Hirata, sang penulis novelnya juga membangun Museum Kata di Desa Gentong, Pulau Belitung. Lokasi yang dipilih juga tak jauh dari lokasi SD dalam film tersebut. Dianggap sebagai museum sastra pertama di Indonesia, Museum Kata punya koleksi lebih dari 200 literatur dari dalam dan luar negeri. Dari luar, bangunan Museum Kata terlihat unik dengan dinding dan pintu yang dicat warna-warni cerah.

2. Museum Angkut, Batu

Museum Angkut (Hipwee)

Sesuai namanya, Museum Angkut menyimpan banyak koleksi transportasi dari seluruh dunia, mulai yang jadul sampai terkini. Museum yang berlokasi di Malang ini desainnya, baik indoor maupun outdoor-nya, dilengkapi dengan miniatur ikon negara-negara tertentu, seperti Menara Eiffel dari Prancis dan Menara Pisa dari Italia. Tempat ini cocok buat kamu penggemar otomotif, karena kamu bisa foto-foto dengan mobil keren dari seluruh dunia.

3. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu (Hipwee)

Daya tarik utama dari museum ini adalah desain bangunannya. Bangunan museum ini didirikan mengikuti kontur tanah yang tak rata, jadi tempat ini bisa dijadikan lokasi foto-foto yang unik. Suasananya pun sejuk karena dikelilingi pepohonan rimbun. Terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu menyimpan benda-benda peninggalan budaya Jawa.

4. Museum Antonio Blanco, Ubud

Museum Antonio Blanco (Hipwee)

Antonio Blanco adalah seorang pelukis keturunan Amerika dan Spanyol, dan museum yang berada di Bali ini memuat seluruh karyanya, yang kurang lebih berjumlah 300 lukisan. Bangunan museum ini memiliki arsitektur yang cukup unik, dengan perpaduan alam dan budaya yang kental. Buat kamu yang penasaran bisa datang ke museum yang beralamat di Jalan Raya Campuhan, Desa Sayan, Ubud, Bali ini.

5. Museum Nasional (Museum Gajah), Jakarta

Museum Nasional (Hipwee)

Museum Nasional ini punya patung gajah perunggu di halaman depannya, karena itu museum ini sering juga disebut dengan Museum Gajah. Museum yang dibangun Belanda sejak tahun 1778 ini bisa jadi museum paling keren yang ada di Indonesia. Dengan arsitektur bergaya Eropa, kamu seperti masuk ke dalam sebuah gedung besar di sekitaran Eropa tengah. Selain arsitekturnya yang keren, kamu juga bisa belajar tentang asal usul budaya Indonesia. (tom)