Keragaman budaya Indonesia membuat negara lain tertarik dengan Indonesia. Hal ini termasuk pula lagu-lagu Indonesia, baik itu lagu daerah maupun lagu nasionalnya. Buktinya, paduan suara dari luar negeri tanpa malu-malu menyanyikan lagu daerah dan nasional Indonesia, bahkan hingga menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Berikut adalah 5 paduan suara luar negeri yang menyanyikan lagu Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. paduan suara Florida State University – Yamko Rambe Yamko

Paduan suara asal salah satu universitas di Amerika Serikat ini menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko”. “Yamko Rambe Yamko” sendiri adalah judul lagu daerah yang berasal dari Provinsi Papua. Lagu yang dibawakan oleh paduan suara FSU ini diaransemen oleh Agustinus Bamban Jusana, orang asli Indonesia.

2. Paduan suara gereja di Swiss – Desaku

Jika lagu “Desaku” lebih sering dinyanyikan oleh anak-anak di Indonesia, maka beda halnya dengan di Swiss. Lagu ini justru menjadi lagu yang dinyanyikan di gereja. Contohnya adalah paduan suara gereja di atas.

3. Paduan suara Belanda – Nina Bobo

Siapa sangka lagu pengantar tidur anak-anak di Indonesia ini bisa digubah menjadi semerdu itu dengan iringan musik orkestra? Hebatnya lagi, lagu ini dinyanyikan oleh paduan suara di Belanda, tentu saja dengan menggunakan lirik berbahasa Indonesia.

4. Paduan suara SD di Korea Utara – Tanah Airku

Dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan RDRK/ Korea Utara, murid dari sekolah musik Ryulgok menyanyikan salah satu lagu nasional berjudul “Tanah Airku”. Yang unik adalah lagu ini kini dilengkapi dengan instrumen drum.

5. Murid-murid Marlborough Primary School, Melbourne – Indonesia Raya

Lagu “Indonesia Raya” karya W.R. Supratman merupakan lagu kebangsaan Indonesia. Tak hanya di Indonesia, lagu ini telah berkumandang juga di luar Indonesia, seperti misalnya Korea Utara, dan juga Australia, seperti video di atas. (tom)