Gunung Rinjani (tempatwisatadilombok.com)

Indonesia memang layak dijuluki sebagai negara yang memiliki kekayaan alam nan indah.  Salah satu kekayaannya ialah gunung-gunung yang menjulang tinggi di sepanjang geografis Indonesia. Nah, untuk kamu, kaula muda Indonesia yang ingin menikmati keseruan dan keindahan mendaki alam Indonesia, jadiBerita sudah merangkum 5 gunung Indonesia yang wajib kamu daki selagi muda.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani (tempatwisatadilombok.com)

Surganya para pendaki, gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung dengan tinggi 3.726 mdpl ini memiliki spot favorit yang wajib kamu singgahi bila mendaki di Rinjani. Ragam alam yang bisa kamu temui di Rinjani ialah Danau Segara Anak yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar, Gua Susu, Gua Manik, dan Gua Payung.

Keindahan yang ditawarkan puncak Rinjani memang tak tertandingi. Bahkan, dua film Indonesia, seperti Leher Angsa (2013) dan Romeo+Rinjani (2015) menjadikannya lokasi syuting. Jadi, untuk kamu yang ingin merasakan keindahan Rinjani cukup memerlukan 3-4 hari pendakian.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci (Vebma.com)

Indah, Gunung kerinci seringkali menjadi obyek pendakian bagi pecinta gunung. Dengan ketinggian 3.805 mdpl kamu dapat melihat seisi kota Jambi, Padang, dan Bengkulu dari puncaknya. Ragam alam yang bisa kamu temui di Kerinci ialah Danau Bento dan Kawah Gunung Tujuh. Untuk mendaki di Gunung Kerinci, kamu bisa menggunakan jalur pendakian dari Kersik Tuo (Kayu Aro), jalur yang sangat umum bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika kamu ingin menikmati keindahan Kerinci, kamu membutuhkan waktu tempuh normal sekitar 2-3 hari. Sebelum sampai puncaknya, pendaki biasanya melakukan penghormatan di Tugu Yudha, tugu yang dibangun untuk memberikan penghormatan bagi pendaki yang hilang dan tidak pernah ditemukan.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru (IDNTimes)

Gunung Semeru terkenal degan puncaknya, Puncak Mahameru. Gunung yang semakin beken karena menjadi lokasi film 5 cm ini terletak di Probolinggo, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 3.676 memiliki danau tertinggi, yakni Danau Ranakumbolo, dan spot-spot unik yang wajib kamu datangi jika mendaki di Semeru, seperti Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo, dan Kalimati.

Untuk sampai ke puncak Mahameru kamu bisa melewati dua rute berikut, yaitu Ranu Pane yang disarankan karena sering digunakan pendaki dan dianggap aman. Rute kedua sangat tidak dianjurkan, ialah jalur Ayek – Ayek yang biasanya digunakan oleh pendaki asli Kawasan Semeru karena sangat berbahaya. Untuk mendaki di Gunung Semeru kamu memerlukan waktu sekitar 3-4 hari.

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo (Pusat-travel)

Sepaket dengan Gunung Semeru, keindahan Bromo tidak dipungkiri oleh para pendaki. Gunung Bromo berada di ketinggian 2392 mdpl akan sangat indah jika kamu mampu sampai ke puncak Pananjakan dengan ketinggian sekitar 2.780 mdpl pada saat matahari terbit. Pada situasi itu, kamu akan melihat lautan pasir yang berisi kabut dan pemandangan gunung Bromo dan Gunung Semeru. Untuk sampai ke kawah puncak Bromo kamu tidak memerlukan waktu berhari-hari seperti mendaki gunung lainnya.

5. Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya Papua (fandyyoichy1.blogspot.co.id)

Salju abadi, Gunung Jayawijaya merupakan gunung yang paling didambakan oleh para pendaki. Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi di antara deretan gunung-gunung yang ada di Indonesia. keindahannya diperlihatkan melalui sungai es yang dianggap ajaib karena terletak di Dugunduguo, Papua Barat yang merupakan daerah Tropis.

Untuk dapat mendaki di Jayawijaya kamu memerlukan dana yang cukup dan kemampuan mendaki yang baik. Uniknya, pegunungan ini terdiri dari beberapa puncak, seperti puncak Jaya (Gletser Carstenz dengan ketinggian sekitar 5030 mdpl), puncak Yamin (4535 mdpl), puncak Idenberg (4673 mdpl), puncak Mandala (4760 mdpl), puncak Trikora (4751 mdpl). Kawasan di beberapa puncak memang sangat indah seperti puncak Trikora yang dipenuhi dengan hutan alami (Dipeterokarp, Ericaceous, dan Montane). (rei)