Sebuah situs bursa pemain sepakbola, Transfermarkt, kembali merilis daftar pesepakbola termahal. Yang membanggakan, pemain Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Situs ini turut memuat nama Irfan Bachdim sebagai pemain sepak bola yang dibayar mahal. Tapi, Bachdim ternyata tidak menduduki peringkat pertama sebagai pemain termahal di Indonesia. Harga pasar untuk Bachdim sebesar 125 ribu euro, setara Rp 1,98 miliar. Bachdim menduduki peringkat ke-44 di Indonesia. Harga yang sama juga diberikan untuk Andik Vermansyah. Lalu siapa 5 besar pemain sepakbola Indonesia termahal? Berikut kelimanya seperti dilansir situs Jerman tersebut.

1. Achmad Jufriyanto

Achmad Jufriyanto (Goal)

Di peringkat kelima ada Achmad Jufriyanto, dengan posisi sebagai centre-back. Pemain Persib Bandung yang juga memperkuat Timnas ini dihargai sebesar 175 ribu euro, atau setara dengan Rp 2,77 miliar.

2. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo (Tribunnews)

Berikutnya peringkat keempat pemain sepakbola Indonesia termahal adalah Victor Igbonefo. Pemain sepakbola yang kini merumput di Nakhon Ratchasima Mazda FC di Thailand ini memiliki nilai pasar sebesar 200 ribu euro, atau setara Rp 3,17 miliar.

3. Sergio Van Dijk

Sergio Van Dijk (Goal)

Peringkat ketiga adalah pemain berkebangsaan Belanda, Sergio Van Dijk. Pemain tengah Persib Bandung dan berusia 35 tahun ini memiliki harga pasar sebesar 250 ribu euro, atau setara dengan Rp 3,96 miliar.

4. Boaz Solossa

Boaz Solossa (Viva)

Berikutnya ada nama Boaz Solossa. Pemain sayap kanan Persipura ini menduduki peringkat kedua sebagai pemain termahal di Indonesia dengan harga pasarnya mencapai 350 ribu euro, atau setara dengan Rp 5,54 miliar.

5. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly (The-afc)

Rupanya, peringkat pertama pemain termahal bukan Irfan Bachdim, melainkan Stefano Lilipaly. Pemain dengan posisi sebagai penyerang Bali United FC ini memiliki harga pasar sebesar 400 ribu euro, atau setara dengan Rp 6,34 miliar. (tom)